Note

Kemenparekraf Targetkan Devisa Produk Ekonomi Kreatif 2024 Sebesar USD27 Miliar

· Views 43

Pasardana.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan devisa produk ekonomi kreatif pada 2024 sebesar 27 miliar dolar AS.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam The Weekly Briefing with Sandi Uno, di Jakarta, Senin (20/11) mengungkap strateginya untuk mencapai target tersebut.

"Strateginya dengan mempromosikan salah satunya dengan Indonesia Spice Up The World maupun dengan program-program untuk mendorong ekspor ekonomi kreatif," sebut Sandiaga.

Disampaikan Sandiaga, saat ini ekspor produk ekonomi kreatif berada berada pada angka 11,8 miliar dolar AS, dan nilai tambah ekonomi kreatif juga menunjukkan jumlah yang signifikan yakni menuju angka Rp 1.300 triliun.

Pertumbuhan nilai tambah ekonomi kreatif ini berada di sektor transportasi pergudangan, jasa dan lainnya serta penyediaan akomodasi, makanan dan minuman.

Sandiaga menyebut, pada tahun ini devisa dari produk ekonomi kreatif telah mencapai 17,4 miliar dolar AS. Amerika Serikat pun masih menjadi tujuan ekspor terbesar dengan produk unggulan seperti fesyen, kriya dan kuliner.

Sementara, berdasarkan hasil Expert Survey untuk outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2024, juga menyebut hasil yang positif. Bahkan pakar menilai bahwa industri pariwisata dan ekonomi kreatif memperlihatkan tren yang positif.

"36 persen optimistis 2024 akan bisa melewati angka sebelum pandemi," tutur Sandiaga.

 

 

 

 

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.