Note

EUR/USD bisa ditutup lebih tinggi tahun ini jika aktivitas bisnis Zona Euro meningkat

· Views 52

Pasar terbiasa memainkan peluang. Pada akhir tahun 2022, terdapat banyak perbincangan mengenai lambatnya siklus pengetatan moneter oleh Bank Sentral Eropa (ECB) dibandingkan dengan Federal Reserve, yang seiring berjalannya waktu, diperkirakan akan menghentikan tren penurunan EUR/USD. Pada pertengahan tahun 2023, beredar rumor mengenai sikap dovish The Fed yang juga dapat menyebabkan melemahnya dolar AS. Terakhir, menjelang akhir tahun ini, pasar yakin Washington akan memberikan stimulus moneter lebih cepat dibandingkan Frankfurt. Mungkinkah investor salah lagi kali ini?

Menurut Standard Bank, cukup aneh jika derivatif memberikan sinyal penurunan suku bunga dana federal dan suku bunga deposito dengan besaran yang sama—kira-kira 100 basis poin. Perekonomian AS jelas lebih kuat dibandingkan perekonomian Eropa, jadi mengapa Federal Reserve harus bertindak proaktif? Ini akan tertinggal dari ECB, sehingga berdampak negatif pada EUR/USD.

Dinamika Suku Bunga Fed dan Ekspektasi Pasar

EUR/USD bisa ditutup lebih tinggi tahun ini jika aktivitas bisnis Zona Euro meningkat

Namun, perbedaan kebijakan moneter bukanlah satu-satunya pendorong pembentukan nilai tukar. Kekuatan dolar AS dikaitkan dengan eksepsionalisme Amerika dan menekan selera risiko global. Pengetatan kebijakan moneter The Fed yang paling agresif dapat mengancam perekonomian AS ke dalam resesi. Hal lain adalah ketika negara tersebut menunjukkan ketahanan yang luar biasa, terjadi soft landing, dan pasar mengharapkan penurunan suku bunga dana federal sebesar 100 basis poin pada tahun 2024.

Lingkungan yang menguntungkan untuk indeks saham dan aset berisiko secara umum tercipta. Sebaliknya, dolar AS mendapat tekanan sebagai mata uang safe-haven. Tidak mengherankan jika teori senyuman dolar menyatakan bahwa indeks USD naik ketika keadaan perekonomian global sedang buruk atau ketika keadaan perekonomian AS sedang baik. Jika PDB AS mulai melambat, EUR/USD naik.

Untuk waktu yang lama, pasangan mata uang utama bereaksi terhadap peristiwa di Amerika Serikat. Namun, data terbaru mengenai perekonomian Jerman cukup menjanjikan, menunjukkan bahwa perekonomian Jerman telah mencapai titik terendah dan akan mulai pulih. Jika aktivitas bisnis di blok mata uang juga menghadirkan kejutan yang menyenangkan, EUR/USD akan berpeluang untuk naik lebih tinggi lagi. Hal ini berarti berkurangnya perbedaan pertumbuhan ekonomi antara Amerika Serikat dan zona euro.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD bisa ditutup lebih tinggi tahun ini jika aktivitas bisnis Zona Euro meningkat

Secara keseluruhan, gagasan untuk menghentikan tren penurunan euro terhadap dolar AS mendapatkan bukti baru. Terutama karena memburuknya statistik makro di Amerika Serikat, termasuk ketenagakerjaan, harga konsumen dan produsen, serta klaim tunjangan pengangguran. Jika semuanya berlanjut dengan pola yang sama, EUR/USD mungkin akan naik dan menguat di atas 1,1 pada akhir tahun.

Secara teknis, pada grafik harian, pasangan mata uang utama sedang mengalami konsolidasi setelah pergerakan eksplosif ke atas. Hal ini sesuai dengan pola Adam dan Hawa. Beberapa upaya untuk bermain di dalam bar belum berhasil, namun risiko menembus kisaran konsolidasi jangka pendek di level 1.083–1.089 berkembang pesat. Dua pending order harus ditetapkan untuk penembusannya: beli dari 1.089 dan jual dari 1.083.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.