Note

Divestasi Tuntas di 2024, Pemerintah Kuasai Mayoritas Saham Vale (INCO)?

· Views 49
Divestasi Tuntas di 2024, Pemerintah Kuasai Mayoritas Saham Vale (INCO)?
Divestasi Tuntas di 2024, Pemerintah Kuasai Mayoritas Saham Vale (INCO)? (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Mekanisme divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) kepada PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID ditargetkan bakal rampung pada 2024. 

Sesuai kesepakatan, Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM) akan mengalihkan 14 persen sahamnya di INCO kepada MIND ID.

Baca Juga:
Divestasi Tuntas di 2024, Pemerintah Kuasai Mayoritas Saham Vale (INCO)? Bertemu dengan CEO Vale di KTT APEC, Jokowi Sambut Baik Divestasi Saham 14 Persen

Setelah aksi pelepasan ini terjadi, maka Pemerintah melalui MIND ID bakal menjadi pemegang saham terbesar perusahaan nikel tersebut. 
Sebelumnya VCL, SMM, dan MIND ID telah menandatangani perjanjian induk sebagai dasar dari pengalihan saham ini.

“Perjanjian ini merepresentasikan dukungan untuk kolaborasi dan penggabungan kekuatan dari tiga pemegang saham demi mencapai tujuan strategis Perseroan, yang juga selaras dengan cita-cita Indonesia untuk menyukseskan hilirisasi dengan praktik pertambangan berkelanjutan,” kata CEO Vale Indonesia, Febriany Eddy, Senin (20/11).

Baca Juga:
Divestasi Tuntas di 2024, Pemerintah Kuasai Mayoritas Saham Vale (INCO)? Kesepakatan Awal Divestasi Saham Vale 14 Persen ke MIND ID Sudah Diteken

Secara rinci mekanisme transaksi akan difinalisasi dalam bentuk perjanjian definitif dan transaksi diharapkan selesai pada 2024, bergantung pada pada kondisi penutupan yang lazim. 

Febriany menuturkan, penandatanganan perjanjian ini merupakan langkah maju perseroan dalam menuntaskan kewajiban divestasi, yang merupakan prasyarat untuk mendapatkan perpanjangan izin dalam bentuk Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Baca Juga:
Divestasi Tuntas di 2024, Pemerintah Kuasai Mayoritas Saham Vale (INCO)? Jokowi Hadiri Penandatanganan HoA Divestasi Saham Vale, MIND ID Jadi Pengendali Mayoritas

Lebih lanjut, beliau menekankan Penerbitan IUPK akan memberikan kepastian hukum bagi operasional perusahaan, terutama agenda investasi.

“Perjanjian penting ini menggarisbawahi komitmen teguh Perseroan terhadap kepatuhan terhadap peraturan dan praktik bisnis berkelanjutan, sehingga memperkuat peran pentingnya dalam sektor pertambangan Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga:
Divestasi Tuntas di 2024, Pemerintah Kuasai Mayoritas Saham Vale (INCO)? Vale Indonesia Sepakat Divestasi 14% Saham

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.