Note

Jokowi Hadiri Penandatanganan Lepas Saham MIND ID & Vale

· Views 49
Jokowi Hadiri Penandatanganan Lepas Saham MIND ID & Vale
Foto: Dok. MIND ID
Jakarta

Presiden RI Joko Widodo menghadiri penandatangan Heads of Agreements: PTVI Divestment Commitment (HoA) antara Direktur Utama PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID), CEO Vale Canada Limited (VCL), Senior Managing Executive Officer Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM), serta CEO PT Vale Indonesia Tbk. (PTVI) di San Fransisco pada Jumat (17/11/2023) waktu setempat.

Adapun penandatangan HoA merupakan langkah awal dalam pemenuhan komitmen divestasi PTVI dalam rangka pemenuhan persyaratan konversi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), mengingat akan berakhirnya masa berlaku Kontrak Karya (KK) PTVI pada akhir 2025. Melalui penandatanganan ini, diharapkan MIND ID akan menjadi pemegang saham terbesar di PTVI dengan kepemilikan 34% dan berperan penting dalam pengelolaan PTVI ke depan.

"Dengan menjadi pemegang saham terbesar PT Vale Indonesia Tbk, MIND ID bersama VCL akan memiliki kontrol bersama yang lebih dalam terkait operasionalisasi perusahaan dan juga dalam pengelolaan dan pengembangan perusahaan ke depannya," ujar Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melalui struktur kerja sama pengelolaan PTVI, diharapkan MIND ID bersama pemegang saham lainnya dapat bekerja sama dalam mendukung pengembangan perusahaan serta mendukung pemanfaatan cadangan dan sumberdaya nikel nasional melalui program hilirisasi. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dari rantai nilai nikel di dalam negeri.

"Hal ini akan memperkuat lini bisnis MIND ID dan upaya optimalisasi pemanfaatan cadangan dan hilirisasi nikel yang terus digaungkan oleh Pemerintah RI," tambah Hendi.

Usai penandatanganan HoA, MIND ID dan pemegang saham utama lainnya akan berdiskusi lebih lanjut guna menyepakati mekanisme transaksi detail, sebagai dasar pelaksanaan proses divestasi. Adapun hal ini diharapkan dapat selesai pada tahun 2024.

Sementara Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo berharap para pemegang saham utama PTVI dapat terus berkolaborasi dalam mengembangkan potensi dan nilai bagi Indonesia.

"MIND ID dan Vale Canada tentunya akan terus berkolaborasi untuk mengembangkan potensi PT Vale Indonesia kedepannya," ungkap Tiko.

MIND ID terus berkomitmen menjalankan praktik pertambangan yang sesuai dengan prinsip good mining practices dan mengedepankan semangat keberlanjutan. Hal ini sesuai dengan Noble Purpose MIND ID, We Explore Natural Resources for Civilization, Prosperity and a Brighter Future.

(akn/ega)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.