Note

Kapan Freeport Bikin Smelter di Fakfak? Menteri ESDM Bilang Gini

· Views 41
Kapan Freeport Bikin Smelter di Fakfak? Menteri ESDM Bilang Gini
Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta

Menteri ESDM Arifin Tasrif buka-bukaan soal rencana PT Freeport Indonesia membangun smelter di Fakfak, Papua. Smelter baru ini disebut-sebut menjadi salah satu syarat perpanjangan kontrak 20 tahun untuk Freeport.

Arifin mengatakan sampai saat ini pihaknya masih meminta Freeport untuk menghitung dan mengkaji pembangunan smelter di Fakfak. Dia tak tegas mengatakan kapan smelter targetnya dibangun ketika ditanya awak media.

Namun yang jelas, kemungkinan smelter bakal dibangun di Kawasan Industri Fakfak. Katanya, di kawasan itu pun minggu depan pemerintah akan memulai pembangunan pabrik pupuk. Nantinya, kawasan tersebut akan menjadi zona industri yang terintegrasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini kan perpanjangan mulai dari 2041, memang kita minta secepatnya. tentu saja dia harus ngitung balance supply-nya, bijihnya cukup nggak, kelebihan bijih itu nanti dibawa ke Kawasan Industri Fakfak," kata Arifin ditemui di kantornya, Jumat (17/11/2023).

"Kan besok kita mau groundbreaking pabrik pupuk juga dan akan ada kompleks industri yang banyak," tambahnya.

Arifin juga bicara soal kekhawatiran pembangunan fasilitas smelter di Papua terganjal fasilitas dan infrastruktur pendukung. Menurutnya, pemerintah pusat akan membantu pembangunan sarana dan prasarana di Kawasan Industri Fakfak.

Menurutnya industri memang perlu dimanjakan dengan fasilitas sarana dan prasarana dasar yang dibangun pemerintah. Hal ini bisa menjadi faktor yang memberikan nilai tambah untuk kompetitif bisnis di Indonesia.

"Nanti kan infrastruktur dengan yang dibangun Pupuk ini oleh kita. Memang itu, kita harus nyiapin infrastruktur supaya industri masuk. kalau industri masuk dengan segala macemnya tentu cost dia akan besar, nggak kompetitif," ungkap Arifin.

PT Freeport Indonesia sendiri disebut sudah memiliki komitmen untuk membangun smelter baru di Fakfak, Papua Barat. Hal ini diungkapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Komitmen Freeport didapatkan Jokowi secara langsung setelah menemui Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin, 13 November 2023.

"Pihak Freeport pun menunjukkan komitmennya untuk membangun smelter di lokasi lain di Indonesia, tidak hanya di Surabaya, tapi di Kabupaten Fakfak, Papua Barat misalnya," ungkap Jokowi dalam unggahannya di Instagram, jokowi, Selasa (14/11/2023) yang lalu.

(hal/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.