Note

Regulator Bursa Diminta Tegas Kepada Penipu Pasar Modal

· Views 54

Pasardana.id- Operator dan regulator pasar modal  diminta untuk meningkatkan kualitas kewajiban keterbukaan informasi perusahaan tercatat sebagai bentuk perlindungan investor.

Pasalnya, berapa emiten mengalami gejala gangguan kelangsungan usaha karena tidak mencatatkan pendapatan dalam laporan keuangan akhir.

Mantan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Hasan Zein menilai saat ini ada dua hal yang mendesak dikerjakan oleh regulator dan operator pasar modal Indonesia.

“Otoritas dan bursa betul betul ketat dalam kualitas keterbukaan (disclosures), dan menggunakan seluruh kewenangan mereka untuk membuat jera para penipu dan oportunis. Menyingkirkan orang orang yang tidak bisa dipercaya ke luar pasar,” pinta dia dalam media sosialnya, Jumat(17/11/2023).

Sedangkan pada sisi investor, dia mengharapkan pendidikan investor yang lebih intens dan massif.

“Minimal mereka mampu memilah mana intan mana ‘sampah’ diantara puluhan IPO yang diguyur oleh bursa dan otoritas,” kata dia.

Pandangan itu, kata dia bertolak dari fenomena berbondong-bondong perusahaan melakukakan penggalangan dana melalui Initial Public Offering (IPO), tapi segera mengalami gangguan kelangsungan usaha.

“Sebuah perusahaan lolos IPO. Setelah sahamnya tersebar ke tengah masyarakat ternyata perusahaan itu tidak punya pendapatan. Hanya ada satu aset. Ruko. Itu pun tutup pasca IPO,” ungkap dia.

Hasan mengingatkan tujuan pasar modal diaktifkan kembali salah satunya untuk menghadirkan perusahaaan perusahaan yang mampu  menghasilkan laba secara wajar, secara mikro dan mampu menyumbang  nilai tambah secara makro

“Apa sesungguhnya tujuan pasar modal Indonesia?. Apa yang kita kejar?. Angka statistik rekor IPO yang pecah setiap tahun?. Tidakkah kita bertanggung-jawab - setidaknya secara moral - agar investor ritel tidak menjadi korban?,” tandas dia.

Jika ditelisik terdapat 10 emiten tidak membukukan pendapatan dalam laporan keuangan kuartal III 2023 :

  1. PT Meta Epsi Tbk(IDX:MTPS) IPO tahun 2019

 2.PT Terregra Asia Energy Tbk(IDX: TGRA) IPO tahun 2017

  1. PT Onix Capital Tbk(IDX:OCAP) IPO tahun 2003
  2. PT Tirta Mahakam Resources Tbk(IDX:TIRT) IPO tahun 1999
  3. PT Jakarta Kyoei Steel Work Tbk(IDX:JKSW) IPO tahun 1997
  4. PT Sejahtera Bintang Abadi Textile Tbk(IDX:SBAT) IPO tahun 2020
  5. PT Akbar Indomakmur Stimec Tbk(IDX:AIMS) IPO tahun 2001
  6. PT Eterindo Wahanatama Tbk(IDX:ETWA) IPO tahun 1997
  7. PT Envy Technologies Indonesia Tbk(IDX:ENVY) IPO tahun 2019
  8. PT Kerts Basuki Rachmat Indonesia Tbk(IDX:KBRI) IPO tahun 2008

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.