Note

Arus Bongkar Muat di IKN Dorong Pertumbuhan Kinerja Mitra Investindo (MITI)

· Views 79
Arus Bongkar Muat di IKN Dorong Pertumbuhan Kinerja Mitra Investindo (MITI)
Arus Bongkar Muat di IKN Dorong Pertumbuhan Kinerja Mitra Investindo (MITI)

IDXChannel - Pertumbuhan kinerja emiten pelayaran dan logistik PT Mitra Investindo Tbk (MITI) di sektor jasa pelayaran, agensi kapal, manajemen kapal serta logistik didorong tingginya arus bongkar muat barang di Ibu kota Nusantara (IKN).

Tercatat hingga akhir kuartal III-2023, MITI mencatat pendapatan sebesar Rp244,90 miliar. Realisasi ini meningkat 236,70% dibanding realisasi pendapatan pada periode Januari-September 2022 sebesar Rp72,73 miliar. 

Baca Juga:
Arus Bongkar Muat di IKN Dorong Pertumbuhan Kinerja Mitra Investindo (MITI) Mitra Investindo (MITI) Tambah 29 Persen Kepemilikan Saham di Anak Usaha

“Kami tetap optimistis, dan pengembangan Ibu Kota Nusantara memberikan andil besar. Tahun 2022/2023, kenaikan persentase sektor ini berdasar data BPS 15,8%. Bahkan meski situasi global tidak menentu,” kata Direktur Operasional MITI Bambang Ediyanto di Jakarta, Jumat (15/11/2023).  

"Alasannya sektor pelayaran dan logistik bagaimanapun harus bergerak meski sistemnya online sekalipun. Kita lihat, di masa pandemi kemarin, sektor logistik bahkan bisa dibilang bertumbuh," imbuhnya. 

Baca Juga:
Arus Bongkar Muat di IKN Dorong Pertumbuhan Kinerja Mitra Investindo (MITI) Mitra Investindo (MITI) Perluas Bisnis Pelayaran dan Logistik di Indonesia

Di sisi lain, dukungan pemerintah terhadap keberlangsungan arus keluar logistik barang dari dan ke pelabuhan mendukung iklim usaha logistik barang terutama waktu yang lebih cepat sehingga barang tidak berlama-lama di pelabuhan. 

“Bahkan proses keluar barang justru sekarang lebih cepat, handling dan bongkar muat kontainer lebih efisien karena pemeriksaan dari pihak pelabuhan maupun otoritas membolehkan kita memindahkan barang ke tempat penampungan sementara yang erada di uar kawasan pelabuhan,” tuturnya. 

Baca Juga:
Arus Bongkar Muat di IKN Dorong Pertumbuhan Kinerja Mitra Investindo (MITI) Mitra Investindo (MITI) Menangkan Tender Proyek Pertamina Hulu Rp47 Miliar

Dia menambahkan, jika kondisi ini berjalan normal meski situasi global tidak menentu, MITI optimistis sektor logistik pelayaran secara umum masih mengalami pertumbuhan. 

“Untuk kinerja di MITI sendiri kita juga optimis masih bisa kinclong sampai akhir tahun karena sinergitas anak usaha dalam menjalankan bisnis,” ucapnya.

Sementara dalam laporan keuangan konsolidasian hingga periode 30 September 2023, MITI mencatat peningkatan laba bruto sebesar 249% menjadi Rp93,29 miliar dari tahun 2022 sebesar Rp26,75 miliar. 

Sedangkan laba sebelum pajak penghasilan perseroan meningkat 448% menjadi Rp56,21 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp10,26 miliar. Perseroan mampu mencetak laba kuartal III sebesar Rp46,23 miliar atau meningkat 438% dari tahun sebelumnya sebesar Rp8,59 miliar. 

Adapun laba periode berjalan yang didistribusikan pada entitas induk sebesar Rp36,54 miliar, sementara 2022 sebesar Rp8,59 miliar atau 325%. 

Sinergitas anak usaha MITI dalam menjalankan bisnis, di antaranya PT Pelayaran Karana Line dan PT Wasesa Line bergerak di sektor pelyaran serta PT Karya Abdi Luhur di bidang bongkar muat (stevedoring). 

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.