Note

Sematkan Skor Tinggi untuk ESG, Maybank Rekomendasikan Saham GOTO

· Views 57
Sematkan Skor Tinggi untuk ESG, Maybank Rekomendasikan Saham GOTO
Foto: Motor listrik di G20 Bali/Shafira Cendra Arini-detikcom
Jakarta

Komitmen positif perusahaan Indonesia terkait dengan kebijakan lingkungan, sosial, dan tata kelola atau environmental, social, governance (ESG) menjadi perhatian Maybank Sekuritas Indonesia.

Sebab itu, dalam riset terbaru yang dirilis 15 November 2023, sekuritas yang sahamnya dipegang Maybank, grup keuangan asal Malaysia ini, memasukkan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sebagai salah satu saham pilihan dalam jangka panjang.

Pilihan ini lantaran induk usaha Gojek, Tokopedia, GoTo Financial, dan GoTo Logistics ini dinilai memiliki komitmen ESG yang tinggi. Hal ini tercermin dari skor ESG GOTO yang mencapai 58, di atas skor rata-rata standar Maybank Investment Bank Group (MIBG)-ESG Sustainability Research yakni 50.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Skor ini diperoleh dari tiga perhitungan yakni kuantitas (bobot penilaian 50%) skornya 33, kualitas (bobot 25%) skornya 67, dan parameter target (bobot 25%) skornya 100.

Sematkan Skor Tinggi untuk ESG, Maybank Rekomendasikan Saham GOTOFoto: Maybank Sekuritas Indonesia

Dalam riset tersebut, analis Maybank Sekuritas, Etta Rusdiana Putra mengatakan tingginya skor ESG ini mendorong perusahaan memasukkan saham GOTO sebagai salah satu saham pilihan.

Maybank pun memberikan rekomendasi beli dengan target harga (target price/TP) Rp 110/saham dalam 12 bulan ke depan. Proyeksi harga saham ini naik 36% dari harga saham GOTO pada penutupan perdagangan 14 November 2023 di Rp 81. Dalam riset sebelumnya, Maybank juga memberikan proyeksi target harga di level Rp 110/saham.

Sematkan Skor Tinggi untuk ESG, Maybank Rekomendasikan Saham GOTOFoto: Maybank Sekuritas Indonesia

Mengacu data Bursa Efek Indonesia (BEI), saham GOTO ditutup di level Rp 86/saham pada perdagangan Kamis 16 November, dengan nilai transaksi Rp 221 miliar dan volume perdagangan 2,60 miliar saham.

Kapitalisasi pasar (market cap) GOTO saat ini sudah kembali di atas Rp 100 triliun alias big cap, tepatnya mencapai Rp 103,32 triliun. Dengan demikian, saham GOTO sudah melejit 14,67% sepekan terakhir dan sebulan melesat 34,38%.

Skor ESG GOTO

Mengacu riset Maybank tersebut, Etta mengatakan GOTO memiliki komitmen menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan, melalui komitmen Tiga Nol (Three Zero) yakni nol emisi (zero emissions), nol sampah (zero waste), dan nol hambatan (zero barriers) di tahun 2030.

"Kami mempertahankan rekomendasi beli dengan target harga Rp 110 berdasarkan valuasi SOTP [sum-of-the-parts] yang diperoleh dari penilaian EV/sales. Target harga kami menyiratkan 1 kali P/BV [price to book value] estimasi full year 2025," tulis Etta dalam riset tersebut, dikutip Jumat (17/11/2023).

Sebagai informasi, SOTP merupakan proses menghitung valuasi emiten di pasar modal dengan menentukan seberapa nilai agregat divisinya.

Etta menjelaskan beberapa penilaian dalam kategori kuantitas ESG di antaranya intensitas penurunan emisi, konsumsi energi, berapa persen kendaraan rendah karbon, pengelolaan sampah, persentase pekerja perempuan di perusahaan dan manajemen, jumlah merchant UMKM, kepuasan pelanggan, dan komitmen privasi serta data pelanggan.

Sementara itu, penilaian untuk parameter kualitatif di antaranya adanya komite ESG, adanya gugus tugas ESG dan perubahan iklim, mekanisme pencatatan emisi, strategi utama mitigasi karbon, dan pengelolaan limbah.

Etta mengatakan skor kualitatif GOTO sebesar 67 mencerminkan kebijakan ESG yang baik, dengan membentuk fungsi keberlanjutan di bawah Direktur Unit Bisnis, mulai dari Bisnis On-Demand Services (Gojek), E-Commerce (Tokopedia), dan Fintech (GTF).

GOTO juga dinilai bisa menerapkan strategi ESG yang baik, seperti merilis kendaraan listrik roda dua untuk mendukung target nol emisi pada 2030, menggunakan karton bekas di gudang, dan menawarkan program literasi keuangan kepada para pengemudinya. GOTO juga sudah mulai menggunakan motor listrik untuk mencapai target nol emisinya.

"GOTO adalah perusahaan teknologi paling terintegrasi di Indonesia. Driver GOTO memakai kendaraan dengan ICE/internal combustion engine [mesin pembakaran dalam]. Beralih ke kendaraan listrik akan menaikkan skor ESG GOTO. Perusahaan juga sudah memperkenalkan motor listrik," kata Etta.

"Kami yakin GOTO dapat lebih meningkatkan skornya dengan meningkatkan pengungkapannya dan terus menerapkan strategi ESG yang telah diadopsi. Kami mempertahankan rekomendasi beli saham GOTO," pungkasnya.



Simak Video "Komisaris William Tanuwijaya Jual 332 Juta Lembar Sahamnya di GOTO"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.