Note

Telkom (TLKM) Dorong Seluruh Anak Usaha Patuh Terapkan ESG

· Views 44
Telkom (TLKM) Dorong Seluruh Anak Usaha Patuh Terapkan ESG
Telkom (TLKM) Dorong Seluruh Anak Usaha Patuh Terapkan ESG. Foto: MPI

IDXChannel - Penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan. Dalam operasional bisnis, pelaporan ESG kini menjadi kewajiban, termasuk bagi emiten jasa telekomunikasi pelat merah, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Hal ini disampaikan Direktur Utama TLKM Ririek Adriansyah dalam acara Telkom ESG Day di Yogyakarta, Kamis (16/11/2023). Menurut Ririek, keberlangsungan aspek ESG memang semakin penting dan diperlukan dalam bisnis. 

Baca Juga:
Telkom (TLKM) Dorong Seluruh Anak Usaha Patuh Terapkan ESG TLKM Klaim Investasi GOTO Hasilkan Pertumbuhan Sinergi 25%

“ESG ini menjadi sangat penting bagi kita, bukan hanya sekadar karena kita wajib melakukan dan wajib melaporkan setiap tahun, tapi juga kita menyadari bahwa ESG ini akan mendorong sustainability (keberlanjutan),” kata Ririek.

"Banyak pelanggan kita yang sudah mulai sadar juga. Apalagi pengguna data center, sudah mulai beberapa itu mensyaratkan ESG. Pemegang saham kita terutama perusahaan asing juga sudah menuntut itu," imbuhnya.

Baca Juga:
Telkom (TLKM) Dorong Seluruh Anak Usaha Patuh Terapkan ESG TLKM Cetak Laba Rp19,4 Triliun di Kuartal III-2023

Ririek menambahkan, ESG menjadi value creator (menciptakan nilai) bagi perusahaannya. Untuk itu, dia mendorong seluruh anak usaha Telkom untuk menerapkannya secara sistematis dan terukur pada roadmap yang telah siapkan.

“Tidak hanya bagi Telkom tapi juga bagi seluruh anak usaha Telkom yang ada di Grup Telkom ini,” ujar Ririek.

Baca Juga:
Telkom (TLKM) Dorong Seluruh Anak Usaha Patuh Terapkan ESG Dorong Bisnis dan Investasi Berkelanjutan, Telkom (TLKM) Luncurkan ESG Day

Dia menyebut, dalam usaha pelestarian lingkungan, Telkom sudah memulai langkah awal terkait rencana pergantian penggunaan sumber energi kegiatan usaha perusahaan.

“Kita sudah mulai berbicara dengan PLN dan Pertamina bahwa data center kita itu, kalau mereka bisa menyuplai (energi) untuk operasional, kita akan pakai energi yang renewable (terbarukan),” ucap Ririek.

Kontribusi di bidang sosial pun dikatakan Ririek, sudak cukup aktif diberikan kepada masyarakat sekitar. 

Dia menuturkan, anak usaha TLKM, Telkomsel saat pas pandemi Covid-19 menjadi salah satu kemungkinan memberi kontribusi paling besar saat mengadakan program belajar jarak jauh. 

"Waktu itu karena pandemi sekolah dari rumah dan masyarakat kita banyak yang di daerah, yang tidak punya alokasi budget rumah tangga untuk beli kuota. Sehingga ketika mereka harus membeli kuota untuk memakai gadget, kita ikut support," tuturnya.

"Waktu itu dengan cara adalah kita subsidi, kita beri diskon. Biar mereka bisa tetap belajar di tengah tengah pandemi,” tambah Ririek.

Dia mengungkapkan, TLKM ke depan akan terus melakukan berbagai upaya terkait implementasi prinsip ESG dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya. 

Sebagai informasi, ESG adalah standar atau framework yang digunakan untuk menilai kinerja bisnis suatu organisasi, berdasarkan tiga kriteria, yaitu environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola perusahaan). 

ESG merupakan konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi maupun bisnis yang berkelanjutan sesuai dengan tiga kriteria tersebut yaitu lingkungan, sosial serta tata kelola.

ESG mendorong perusahan untuk bertanggung jawab dalam setiap aktivitas bisnisnya sehingga selaras dengan keberlangsungan tiga kriteria tersebut. Perusahaan yang menerapkan prinsip ESG wajib untuk melakukan implementasi terhadap prinsip pelestarian lingkungan, tanggung jawab sosial serta tata kelola yang sesuai. 

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.