Note

IHSG Berpotensi Menguat, SIDO-AMRT Bisa Dicermati

· Views 44
IHSG Berpotensi Menguat, SIDO-AMRT Bisa Dicermati
IHSG Berpotensi Menguat, SIDO-AMRT Bisa Dicermati

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi bergerak dalam kecenderungan menguat pada sepanjang perdagangan hari ini. IHSG diperkirakan akan berada di kisaran 6.850–7.000.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project William Hartanto mengatakan, kesimpulan dari perdagangan sebelumnya, mungkin sebagian dari kita mengira bahwa IHSG akan segera menutup gap pada 6.886, namun ternyata tidak. 

Baca Juga:
IHSG Berpotensi Menguat, SIDO-AMRT Bisa Dicermati IHSG Ditutup Berbalik Arah, Turun Tipis di 6.958

"Itu cukup bagus walaupun masih ada beberapa hal harus diperhatikan," tulis William dalam analisisnya, Jumat (17/11/2023).

Misalnya, menurut dia, kenyataan bahwa nilai transaksi IHSG lagi-lagi di bawah Rp10 triliun. Lalu, IHSG yang dipaksa untuk bertahan di atas level 6.900 dengan intraday gap pada akhir perdagangan kemarin. 

Baca Juga:
IHSG Berpotensi Menguat, SIDO-AMRT Bisa Dicermati IHSG Bergerak Sideways, Cermati Sembilan Saham Ini

Menurut William, perdagangan kemarin sudah cukup sebagai indikasi bahwa gap 6.886 tidak diincar untuk segera ditutup. Dalam artian, tidak perlu memaksakan bahwa gap IHSG harus ditutup dulu baru pasar dianggap aman.

"Anda bisa tetap bertransaksi saham sambil menunggu penutupan gap yang bisa terjadi kapan saja," ujar dia.

Baca Juga:
IHSG Berpotensi Menguat, SIDO-AMRT Bisa Dicermati IHSG Hari Ini Berpeluang Menguat, ASII, BBCA, HMSP, dan INCO Bisa Jadi Pilihan

Untuk faktor teknikal, IHSG belum menyelesaikan pengujian support 6.900, di mana penguatan pada perdagangan pada Kamis kemarin terjadi intraday gap, dan IHSG sendiri masih memiliki gap pada 6.886.

"Walaupun kami tidak menegaskan gap ini tertutup dalam waktu dekat, namun terlihat cukup jelas bahwa support pertama pada 6.900 pun masih belum mampu dipertahankan sepenuhnya," tuturnya.

Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan.

Adapun IHSG pada perdagangan Kamis (16/11/2023) ditutup melemah sebesar 0,19 poin menuju 6.958. Sebanyak 218 saham menguat, 290 saham menurun, dan 240 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin. Nilai transaksi mencapai Rp8,8 triliun (all market).

Berikut beberapa saham yang secara teknikal bisa dicermati:

PTMP, buy, support 199, resistance 210.
Penguatan konsisten di atas support MA5 dan MA20 (trend following).

SIDO, buy, support 486, resistance 505.
Pembentukan pola double bottom, potensi menguat dengan neckline 505.

NFCX, buy, support 6.100, resistance 6.900.
Pembentukan pola triangle dan indikasi menguat terlihat dari bullish divergence pada MACD.

AMRT, buy, support 2.850, resistance 3.000.
Pergerakan higher low dan konsisten di atas support MA5 dan MA20 (trend following).

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.