Note

Wapres Minta Kesehatan Keuangan Asuransi Syariah Tetap Terjaga

· Views 62

Pasardana.id - Pemerintah terus berkomitmen untuk mendorong ekonomi dan keuangan syariah.

Yakni, sebagai mesin baru pertumbuhan ekonomi nasional.

Saat meresmikan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah), di Jakarta, Kamis (16/11) sore kemarin, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, industri asuransi syariah agar ikut mengambil peran yang lebih besar dalam rantai ekosistem ekonomi dan keuangan syariah. 

"Dengan demikian, dapat tercipta sinergi lebih besar dan berkelanjutan, termasuk meningkatkan kesadaran dan inklusi masyarakat akan pentingnya asuransi,” ujarnya.

Wapres pun menilai, diperlukan sejumlah langkah guna memenuhi ekspektasi dan menjaga kepercayaan publik di tengah tantangan yang kian kompleks.

Seperti, memegang teguh dan jalankan prinsip tata kelola yang baik dalam dunia perasuransian.  

“Pastikan tata kelola industri dan perusahaan asuransi tetap dalam koridor regulasi otoritas yang berlaku. Inovasi produk-produk baru asuransi perlu didorong, tetapi tetap dilaporkan dan berizin resmi dari otoritas,” ujarnya.  

Selain itu, aspek kejujuran, keterbukaan, akuntabilitas, dan perlindungan nasabah, juga merupakan prinsip-prinsip yang harus selalu dikedepankan. “Kedua, pastikan aspek kehati-hatian tetap dijaga dalam pengelolaan risiko,” kata Wapres.  

Menurutnya, dalam perekonomian global yang masih tidak menentu ini, diperlukan perhitungan dan kecermatan ekstra saat menentukan investasi aset.

Oleh karena itu, Wapres meminta, hindari aset-aset berisiko tinggi dan pastikan kesehatan keuangan perusahaan asuransi tetap terjaga.  

“Lakukan pengelolaan keuangan perusahaan secara efisien dan saksama, namun tetap lincah dan adaptif terhadap perkembangan dan kebutuhan masyarakat,” ujarnya. 

Secara khusus Wapres meminta agar penerapan prinsip syariah dalam seluruh produk dan layanan kepada masyarakat selalu terjaga.

Pelaku industri asuransi terus mengusung nilai-nilai kebaikan syariah serta menjamin keamanan dan kenyamanan nasabah.

“Selamat untuk Allianz Syariah, harapan saya, proses spin-off ini akan segera diikuti oleh perusahaan asuransi syariah lainnya yang telah memenuhi ketentuan OJK. Walaupun saya dengar, ada batasnya sampai dengan 2026, saya kira tidak perlu menunggu seperti Allianz Syariah hingga 2026,” pungkas Wapres. 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.