Note

Saham TUGU Lanjutkan Penguatan, Masuk Jajaran Top Gainers Sektor Asuransi Umum

· Views 42
Saham TUGU Lanjutkan Penguatan, Masuk Jajaran Top Gainers Sektor Asuransi Umum
Saham TUGU Lanjutkan Penguatan, Masuk Jajaran Top Gainers Sektor Asuransi Umum. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Harga saham PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) masih melanjutkan penguatan pada sesi I perdagangan Kamis (16 November 2023).  Bahkan apresiasi harga saham TUGU masuk jajaran top-gainer di sektor asuransi umum.

Harga saham TUGU terpantau menguat nyaris 1% dan ditutup di Rp 1.120 pada sesi I perdagangan. Kenaikan harga saham TUGU justru terjadi saat IHSG mengalami koreksi 0,40% ke 6.930,41 di saat yang sama.

Baca Juga:
Saham TUGU Lanjutkan Penguatan, Masuk Jajaran Top Gainers Sektor Asuransi Umum PLN Gandeng Lima Perusahaan Dunia Sepakati Pengembangan Listrik Hijau

Kenaikan harga saham TUGU hingga siang ini menjadikan saham asuransi umum anak Pertamina Group tersebut menduduki peringkat 3 top gainer di industrinya setelah saham PT Asuransi Jasa Tania Tbk (ASJT) yang naik 1,64% dan PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk (MTWI) dengan kenaikan 1,22%.

Analis menilai bahwa sentimen positif yang turut menggerakkan saham TUGU termasuk optimisme manajemen terkait kinerja perseroan yang tercermin dari pembelian saham oleh direksi serta aspek teknikal yang disebut mendukung.

Baca Juga:
Saham TUGU Lanjutkan Penguatan, Masuk Jajaran Top Gainers Sektor Asuransi Umum Risiko Resesi Meningkat, Ekonomi Jepang Terkontraksi

Belum lama ini Presiden Direktur TUGU Tatang Nurhidayat melakukan pembelian saham perusahaan asuransi yang Ia pimpin tersebut secara bertahap.

Berdasarkan data perdagangan, Tatang melakukan pembelian selama 4 hari berturut-turut, yakni dari 6 November sampai 9 November. Pada 6 November, Tatang membeli 20 ribu saham TUGU pada harga rata-rata Rp1.130. Berikutnya, 7 November Tatang kembali memborong 12.200 saham pada harga rata-rata Rp1.122.

Baca Juga:
Saham TUGU Lanjutkan Penguatan, Masuk Jajaran Top Gainers Sektor Asuransi Umum IHP Amerika Serikat Terkontraksi 0,5 Persen di Oktober

Tatang kembali melakukan pembelian pada 8 November sebanyak 2.000 saham pada harga rata-rata Rp1.100. Pembelian terakhir dilakukan pada 9 November pada harga rata-rata Rp1.105.

Diungkapkan Tatang, bahwa tujuan pembelian saham TUGU untuk investasi. Setelah pembelian ini, Tatang memiliki 100.700 saham TUGU yang setara dengan 0,0028%.

Baca Juga:
Saham TUGU Lanjutkan Penguatan, Masuk Jajaran Top Gainers Sektor Asuransi Umum Pemulihan Ekonomi China Sedikit Meningkat di Oktober

Kharel analis Trimegah Sekuritas menyampaikan bahwa aksi pembelian oleh manajemen tersebut memberi sinyal positif ke pasar lantaran menunjukkan optimisme manajemen terhadap kinerja perseroan yang solid.

"TUGU memiliki fundamental yang solid, kinerja keuangan 2023 akan ditopang oleh pertumbuhan pendapatan premi serta kinerja investasi yang positif. Kenaikan laba bersih yang signifikan membuat TUGU memiliki kemampuan besar untuk memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dalam bentuk setoran dividen" kata Kharel.

Secara teknikal Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana juga menilai bahwa pergerakan harga saham TUGU jangka pendek tergolong menarik.

“Selama TUGU masih mampu bergerak di atas area supportnya di 1090, kami memperkirakan TUGU berpeluang menguat untuk menguji MA200 di 1140 hingga menguji area resistance di 1175. Hal tersebut didukung oleh pergerakan Stochastic yang mulai membentuk goldencross dan akan mengarah ke area netralnya, meskipun MACD masih cenderung melandai di area negatifnya.” Kata Herditya.

(FHM)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.