Note

Dolar Selandia Baru Pullback di Tengah Masih Adanya Kekhawatiran di Seputar Properti Tiongkok

· Views 60
Bagikan:
  • Dolar Selandia Baru terkoreksi kembali setelah kenaikan besar yang terjadi pada pertengahan minggu.
  • Kiwi melemah karena permasalahan bubble properti Tiongkok terus berlanjut meskipun data ekonomi positif dan ada janji dana talangan pemerintah.
  • NZD/USD hampir menyentuh tertinggi Oktober di 0,6055 sebelum mundur, meskipun tren naik masih utuh.

Dolar Selandia Baru (NZD) memangkas kenaikan kuat yang dicapai pada pertengahan minggu saat sesi Eropa dimulai pada hari Kamis. NZD mundur karena sentimen negatif: indeks Hang Seng ditutup melemah 1,41% pada akhir sesi Asia, karena masih adanya kekhawatiran seputar rentannya sektor properti Tiongkok.

Sebagai mitra dagang terbesar Selandia Baru, berita buruk bagi Tiongkok biasanya juga berdampak buruk bagi Selandia Baru, dan Kiwi turun dari 0,6050an hingga diperdagangkan kembali di 0,5990an pada saat berita ini dimuat.

Intisari Penggerak Pasar Harian: Kekhawatiran Properti Tiongkok Merusak Keceriaan Pasar

  • Dolar Selandia Baru melemah pada hari Kamis karena kekhawatiran terhadap keadaan sektor properti Tiongkok merusak data positif Penjualan Ritel dan Produksi Industri yang dirilis pada hari Rabu, menurut laporan Reuters.
  • Ini terjadi setelah data menunjukkan perlambatan dalam Investasi Aset Tetap di Tiongkok, istilah umum yang mencakup properti.
  • Investasi Aset Tetap menunjukkan kenaikan 2,9% di bulan Oktober – di bawah prakiraan para ahli 3,1% (YoY YTD di bulan Oktober) dan 3,1% sebelumnya, menurut data dari Biro Statistik Nasional Tiongkok pada hari Rabu.
  • Meskipun terdapat kekhawatiran, pemerintah Tiongkok konon telah menjanjikan 1 triliun Yuan dalam pembiayaan murah untuk sektor properti, menurut laporan dari Bloomberg News.
  • Selandia Baru adalah eksportir utama produk susu ke Tiongkok, sehingga arus berita Tiongkok berdampak pada prakiraan permintaan Kiwi.
  • Data inflasi yang lebih rendah secara keseluruhan dari AS, Inggris, dan Eropa mengurangi kekhawatiran terhadap pertumbuhan global, sehingga membantu kembalinya Kiwi pada pertengahan minggu.
  • Dolar AS turun tajam setelah data inflasi mengindikasikan peluang lebih besar Federal Reserve tidak menaikkan suku bunga. Suku bunga yang lebih rendah membuat AS menjadi tempat yang kurang menarik bagi investor global untuk memarkir modalnya, sehingga mengurangi permintaan USD.

Analisis Teknis Dolar Selandia Baru: NZD/USD Bertemu Resistance dan Pullback

NZD/USD – jumlah Dolar AS yang dapat dibeli oleh satu Dolar Selandia Baru – mundur setelah hampir menyentuh tertinggi Oktober di 0,6055.

Dolar Selandia Baru Pullback di Tengah Masih Adanya Kekhawatiran di Seputar Properti Tiongkok
Dolar Selandia Baru vs Dolar AS: Grafik Harian

Penembusan di atas 0,6001 mengkonfirmasi tren bullish jangka pendek, membiaskan posisi beli.

Zona di sekitar tertinggi Oktober (0,6050-0,6055) telah disentuh beberapa kali tahun ini dan ini menjadikannya level support dan resistance yang penting. Sebagai hasil dari signifikansinya yang tinggi, jika pada akhirnya ditembus maka akan menghasilkan dorongan lebih tinggi yang lebih volatil.

Penembusan tegas di atas tertinggi Oktober 0,6055 juga akan mengubah prospek menjadi bullish dalam jangka menengah, yang mengindikasikan kemungkinan lahirnya tren naik baru. Pergerakan tersebut kemudian akan menargetkan Simple Moving Average (SMA) 200-hari di sekitar 0,6100.

Saat ini, tren jangka menengah dan panjang keduanya masih bearish, namun mengindikasikan potensi penurunan lebih lanjut masih kuat.

Dolar Selandia Baru Pullback di Tengah Masih Adanya Kekhawatiran di Seputar Properti Tiongkok
Dolar Selandia Baru vs Dolar AS: Grafik 4-Jam

Ada tanda-tanda pullback saat ini bisa berlanjut sedikit lebih rendah. Grafik 4-jam menunjukkan garis MACD berpotongan di bawah garis sinyal (dilingkari) sementara keduanya jauh di atas garis nol – sebuah sinyal bearish.

Ini bisa mengindikasikan koreksi yang lebih dalam, mungkin hingga 0,5950. Meskipun demikian, tren dalam jangka pendek secara keseluruhan masih bullish sehingga tren naik pada akhirnya akan berlanjut. Ini berlaku selama terendah 14 November di 0,5863 bertahan.

Kemungkinan pola head and shoulders terbalik bullish mungkin telah terbentuk di terendah. Ini ditandai oleh label yang diterapkan pada grafik 4-jam di atas. L dan R melambangkan shoulders kiri dan kanan, sedangkan H adalah head. Jika demikian, ini dapat mengindikasikan kenaikan substansial akan terjadi jika neckline – di tertinggi Oktober – ditembus secara meyakinkan.

Penembusan yang signifikan adalah penembusan yang disertai dengan candle hijau panjang atau tiga candle hijau berturut-turut.

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.