Note

Dikuasai Geo Energy, Golden Eagle (SMMT) Rombak Susunan Manajemen

· Views 72
Dikuasai Geo Energy, Golden Eagle (SMMT) Rombak Susunan Manajemen
Dikuasai Geo Energy, Golden Eagle (SMMT) Rombak Susunan Manajemen (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Golden Eagle Energy Tbk (SMMT) baru saja rampung menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), di Jakarta, Rabu (15/11/2023), dengan agenda perubahan susunan manajemen perusahaan.

Hal ini sejalan dengan pengunduran diri yang telah diajukan oleh Dewan Direksi dan Komisaris Perseroan, seiring berubahnya status kepemilikan saham pengendali SMMT.

Sebagaimana diketahui, pada Oktober 2023 lalu, PT Geo Energy Investama resmi mengakuisisi seluruh saham SMMT dari kepemilikan PT Mutiara Timur Pratama.

Lewat aksi borong saham tersebut, pihak Geo Energy pun kini menjadi pemegang saham pengendali di SMMT. Status baru perusahaan, yang kemudian disikapi dengan pengunduran diri oleh Rizki Indra Kusuma selaku Komisaris Utama, Erwin Sudjono selaku Komisaris Independen, Roza Permana Putra selaku Direktur Utama, dan Iwan selaku Direktur.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan selama ini sekaligus memberikan acquit et the charge atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dilakukan," ujar Direktur Utama SMMT yang baru, Budi Susanto, usai pelaksanaan RUPSLB.

Dengan telah berjalannya proses pergantian jajaran manajemen, maka susunan terbaru Dewan Direksi & Komisaris SMMT adalah sebagai berikut

Dewan Komisaris 
Komisaris Utama: Ng See Yong
Komisaris: Yanto Melati
Komisaris Independen: Richard Ong

Dewan Direksi 
Direktur Utama: Budi Susanto
Direktur: Yuliana
Direktur: Denny Kusmayadi

Hingga Triwulan III-2023, SMMT tercatat berhasil mengantongi nilai penjualan bersih sebesar Rp771,5 miliar, atau tumbuh sebesar delapan persen dibanding realisasi penjualan pada periode sama tahun lalu.

Namun demikian, di lain pihak, nilai laba bersih perusahaan justru turun 42 persen menjadi Rp177,53 miliar untuk perbandingan yang sama.

"Hal ini disebabkan antara lain karena menurunnya harga komoditas batubara dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya," tutur Budi.

Pasca pengambilalihan saham pengendali oleh PT Geo Energy Investama, Perseroan optimis akan perkembangan bisnis Perseroan di masa mendatang. 

PT Geo Energy Investama sendiri merupakan Perusahaan yang telah mumpuni di bidang pertambangan batubara, yang saat ini memiliki empat konsesi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur dengan pencapaian produksi hingga 10 juta MT per tahun.

PT Geo Energy Investama sendiri merupakan anak usaha di bawah naungan Geo Energy Resources Limited, yang terdaftar di Bursa Saham Singapura sejak 2012 lalu. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.