Note

Rebalancing Indeks MSCI Jadi Katalis Positif bagi IHSG

· Views 67
Rebalancing Indeks MSCI Jadi Katalis Positif bagi IHSG
Rebalancing Indeks MSCI Jadi Katalis Positif bagi IHSG. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melesat 107,1 poin atau 1,57% ke level 6.969 pada penutupan sesi I Rabu (15/11/2023). Dengan kata lain, IHSG kembali mencoba untuk menembus level resisten terdekat di 6.700.

Dikutip dari Bulletin IDX 2nd Session Closing Market, sejumlah saham menjadi motor penggerak IHSG di sesi I hari ini di antaranya BBRI naik 3,94%, AMMN menguat 1,40%, GOTO naik 6,17%, BREN melesat 7,44% dan BBNI menguat 2,25%.

Baca Juga:
Rebalancing Indeks MSCI Jadi Katalis Positif bagi IHSG Cermati Saham Pilihan: RGAS, DOOH, Hingga MBMA

Pada saat yang sama, pasar saham juga memantau rebalancing indeks MSCI yang baru saja dilakukan. Di mana MSCI telah merilis hasil peninjauan saham terbaru pada November 2023 yang masuk ke sejumlah indeks saham.

MSCI menambah satu saham dari Indonesia di indeks MSCI Global Standard yakni Amman Mineral Internasional (AMMN), sedangkan satu saham dihapus dari indeks yakni Vale Indonesia (INCO).

Baca Juga:
Rebalancing Indeks MSCI Jadi Katalis Positif bagi IHSG Saham MTEL Melonjak 6,87 Persen, Lanjutkan Tren Kenaikan Harga

Selain itu, MSCI menambah dua emiten dari Indonesia masuk ke jajaran indeks saham MSCI Global kapitalisasi kecil seperti Bank Jago (ARTO) dan EMTK.

Ketiga saham yang masuk dalam indeks MSCI pun direspons baik oleh para pelaku pasar dan membuat ketiganya melesat pada sesi I Rabu (15/11/2023).

Baca Juga:
Rebalancing Indeks MSCI Jadi Katalis Positif bagi IHSG Gara-Gara Hindenburg Tuduh ‘Fraud’, Saham Taman Hiburan Golden Heaven Anjlok 53 Persen

Saham AMMN pada sesi I ditutup menguat 1,40% di level 7.250. Dalam sebulan terakhir, saham AMMN naik 13,73%.

Kemudian saham Bank Jago (ARTO) naik 8,29% di posisi 2.220. Adapun dalam sebulan saham ARTO naik 29,07%.

Satu saham yang juga masuk indeks MSCI yakni EMTK yang juga ditutup menguat 7,41% ke level 580.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.