Note

Genjot Kinerja di Akhir 2023, Astra Otoparts (AUTO) Gencar Jajaki Peluang Ekspor

· Views 72
Genjot Kinerja di Akhir 2023, Astra Otoparts (AUTO) Gencar Jajaki Peluang Ekspor
Genjot Kinerja di Akhir 2023, Astra Otoparts (AUTO) Gencar Jajaki Peluang Ekspor (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) gencar menjajaki peluang ekspor untuk memacu kinerja perseroan. Pasalnya, hingga kuartal III 2023, pendapatan ekspor perseroan mengalami penurunan sebesar 4,59% menjadi Rp1,13 triliun, dari sebelumnya Rp1,19 triliun.

“Kami akan terus mencari negara tujuan ekspor baru, khususnya di kawasan Asia yang memiliki prospek besar. Kami fokus ke negara tertentu yang situasi ekonomi dan pasarnya cukup baik,” kata Direktur AUTO, Tujuh Martogi Siahaan dalam paparan publik secara daring pada Rabu (15/11/2023).

Baca Juga:
Genjot Kinerja di Akhir 2023, Astra Otoparts (AUTO) Gencar Jajaki Peluang Ekspor Kinerja Astra Otoparts (AUTO) di Semester I 2023 Positif, Begini Prospek ke Depannya

Adapun, penurunan pendapatan ekspor perseroan disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain, pengaruh pandemi Covid-19 yang masih dirasakan berbagai negara, utamanya negara tujuan ekspor perseroan. Kemudian, situasi ekonomi di negara-negara tujuan ekspor perseroan yang belum sepenuhnya pulih dari pandemi.

Selain itu, memasuki era elektrifikasi, terjadi perubahan tren  di mana banyak negara lebih membidik peluang kerja sama yang berkaitan dengan elektrifikasi seperti kendaraan listrik. Hal itu, kata Martogi, menimbulkan persaingan yang ketat di antara perusahaan otomotif.

Baca Juga:
Genjot Kinerja di Akhir 2023, Astra Otoparts (AUTO) Gencar Jajaki Peluang Ekspor Laba Tumbuh Signifikan, Begini Prospek Saham Astra Otoparts (AUTO)

“Namun secara keseluruhan, total penjualan kami masih mengalami peningkatan. Jadi ada perubahan komposisi, di mana domestiknya naik,” imbuh Martogi.

Per September 2023, AUTO membukukan pendapatan sebesar Rp14,08 triliun, tumbuh 4,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp13,49 triliun. Secara rinci, pendapatan domestik mendominasi dengan kontribusi sebesar Rp8,09 triliun dan ekspor sebesar Rp1,13 triliun.

Baca Juga:
Genjot Kinerja di Akhir 2023, Astra Otoparts (AUTO) Gencar Jajaki Peluang Ekspor Jangan Terlewat, Astra Otoparts (AUTO) Mau Bagi Dividen Rp40 per Saham

Di samping itu, laba bersih perseroan juga melesat 57,7% menjadi Rp1,31 triliun, dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp832 miliar. Kenaikan tersebut utamanya disebabkan oleh pendapatan yang lebih tinggi dari pabrikan otomotif atau original equipment manufacturer (OEM). 

(SAN)

Baca Juga:
Genjot Kinerja di Akhir 2023, Astra Otoparts (AUTO) Gencar Jajaki Peluang Ekspor YDBA dan PT Astra Otoparts Kunjungi Bengkel Arum Sari di Banyumas

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.