Note

TPMA Siap Kuasai Pasar Angkut Batu Bara Dengan 79 Armada Baru Senilai Rp1,2 Triliun

· Views 42

Pasardana.id - PT Trans Power Marine Tbk (IDX: TPMA) terus memperkuat posisinya di tengah persaingan bisnis pengangkutan barang curah dengan membeli 79 unit tugboat dan tongkang bekas sebesar Rp 1,2 triliun melalui anak perusahaannya PT Trans Logistik Perkasa (TLP).

Sekretaris Perusahaan TPMA,  Rudy Sutiono menerangkan, pembelian ini sebagian besar dibiayai oleh bank dan sisanya oleh dana internal dan merupakan bagian dari komitmen TPMA untuk terus berkembang dan meningkatkan daya saingnya di pasar global.

Serah terima 79 unit armada ini telah selesai dilakukan pada bulan Nopember 2023.

Ia menginggatkan, TLP juga telah memesan 30 unit tugboat dan tongkang baru yang sebagian masih dalam proses pembuatan dan diharapkan akan selesai pada tahun 2024.

Dengan pembelian ini maka keseluruhan jumlah armada yang dimiliki oleh TLP adalah 109 unit tugboat dan tongkang.

Penambahan armada di TLP ini merupakan strategi yang diterapkan di tengah kebutuhan pasar yang mendesak akan tongkang sebagai sarana pengangkutan barang curah, khususnya batu bara dan nikel di Indonesia yang masih mengandalkan angkutan laut sebagai transportasi utama.

“Kami senantiasa melihat peluang yang ada untuk meningkatkan kapasitas, performance dan profitabilitas perusahaan. Proses pembelian armada ini memerlukan waktu yang cukup lama, namun kami bersyukur pada akhirnya dapat menyelesaikan sebelum akhir tahun 2023,” papar dia.

Ia menegaskan, TPMA memiliki struktur permodalan yang kuat dengan current ratio lebih dari 200 persen serta saldo kas dan kas setara kas lebih besar dari pinjaman bank.

“Kedepannya, dengan perkembangan yang pesat di TLP, maka secara langsung akan berkontribusi dan mendorong pertumbuhan laba bersih TPMA dan memperkuat struktur permodalan yang ada.” pungkas dia.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.