Note

Tol Tanpa Sentuh Diharapkan Bisa Jadi Metode Pembayaran Terbaru

· Views 41

Pasardana.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan uji coba perdana tol tanpa sentuh atau MLFF (Multi Lane Free Flow) di Bali pada Desember mendatang. U

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono berharap, uji coba ini bisa menjadi metode pembayaran terbaru transaksi tol di Indonesia.

Menurut dia, rencananya teknologi tersebut siap untuk dilakukan uji coba perdana di ruas tol Bali - Mandara yang targetnya dilaksanakan pada minggu kedua bulan Desember mendatang.

"Minggu kedua Desember (mulai dilakukan uji coba tol nir sentuh). Setelah itu dicoba, dua Minggu kita akan evaluasi" kata Basuki di Jakarta, Selasa (14/11).

Lebih lanjut, kata Basuki, pasca uji coba selama dua minggu itu pihaknya bakal segera mengevaluasi.

Dan kalau dinilai berhasil, maka uji coba MLFF tersebut diperluas pada beberapa ruas tol lainnya di luar Bali.

Penerapan uji coba tol tanpa sentuh akan dilakukan pada ruas tol dengan kriteria merupakan perwakilan 80 persen dari trafic keseluruhan jalan tol di Indonesia.

Misalnya seperti Tol Bali Mandara, Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, dan Tol JORR.

Kelima tol tersebut merupakan perwakilan 80 persen dari traffic keseluruhan jalan tol di Indonesia.

"Di akhir Desember nanti kita evaluasi kalau itu bagus berhasil kita expand. Kalau ada kekurangan kita imporve dulu baru coba lagi baru expand," ucapnya.

Adapun uji coba yang ditetapkan itu dikatakan Basuki masih dalam masa transisi, sehingga gerbang tol yang dilakukan uji coba tidak langsung melepas palang pintu tol, namun bakal terbuka otomatis jika transaksi pengendara menggunakan dengan teknologi MLFF berhasil dilakukan.

Kegiatan uji coba MLFF masa transisi ini yang paling penting adalah untuk menguji akurasi teknologi terlebih dahulu untuk menangkap kendaraan yang lewat pintu tol.

Hal itu untuk memastikan agar pendapatan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tidak terkoreksi dengan adanya teknologi pembayaran baru ini.

Tol Bali Mandara dipilih sebagai lokasi uji coba perdana karena tol tersebut berskala terbatas, sehingga dapat dilakukan uji coba yang terkendali. Dan selama uji coba di Tol Bali Mandara tersebut,

Kementerian PUPR juga masih tetap memberlakukan sistem pembayaran dengan taping kartu e-toll di gerbang tol.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.