Note

Saham dengan Umur Ratusan Tahun, Pertama di Dunia IPO Sejak 1602

· Views 38
Saham dengan Umur Ratusan Tahun, Pertama di Dunia IPO Sejak 1602
Saham dengan Umur Ratusan Tahun, Pertama di Dunia IPO Sejak 1602. (Foto: Saham dengan Umur Ratusan Tahun)

IDXChannel – Perusahaan apakah yang mencatatkan saham dengan umur ratusan tahun? Bursa saham pertama dunia yang diakui adalah Bursa Efek Amsterdam. Bursa ini, didirikan pada tahun 1602, membuka jalan bagi pasar saham modern di seluruh dunia.
 
Mengutip Financial Express, benih Bursa Efek Amsterdam ditanam ketika Belanda berada dalam Masa Keemasan, masa ketika negara tersebut berkembang pesat sebagai kekuatan perdagangan. Pada saat ini, kolonialisme Belanda (VOC) sedang muncul sebagai kekuatan dominan dalam perdagangan internasional.

Untuk mendanai proyek ambisiusnya, VOC menerbitkan saham yang dapat diperdagangkan. Pada tahun 1602, perusahaan menawarkan saham kepada publik, sehingga memungkinkan individu untuk berinvestasi dalam usaha bisnis yang menguntungkan.

Baca Juga:
Saham dengan Umur Ratusan Tahun, Pertama di Dunia IPO Sejak 1602 Daftar Bursa Saham Tertua di Dunia, Ada yang Didirikan Tahun 1602

Saham dengan Umur Ratusan Tahun

Lalu siapa emiten atau saham dengan umur ratusan tahun di dunia? Dutch East India Co. memiliki keistimewaan sebagai perusahaan pertama yang menawarkan saham usahanya kepada publik dan efektif melaksanakan penawaran umum perdana (IPO) pertama di dunia. 

Hal ini juga memainkan peran penting dalam kehancuran pasar saham pertama dalam sejarah modern. Perusahaan Dutch East India Co menerbitkan sertifikat saham pertama yang dicatatkan di Bursa Efek Amsterdam.

Baca Juga:
Saham dengan Umur Ratusan Tahun, Pertama di Dunia IPO Sejak 1602 Inilah Saham Tertua di Indonesia pada Era Hindia Belanda
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.