Note

Motor Listrik Subsidi Sepi Peminat, Baru Laku 8 Ribuan dari Target 200 Ribu

· Views 32
Motor Listrik Subsidi Sepi Peminat, Baru Laku 8 Ribuan dari Target 200 Ribu
Foto: Shafira Cendra Arini/Detikcom
Jakarta

Program motor listrik subsidi Rp 7 juta/unit masih sepi peminat. Adapun dari target total 200 ribu unit untuk tahun 2023 ini, baru terjual sekitar 8 ribu unit motor listrik baru atau sekitar 4%-nya.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia Saifuddin Wijaya. Pemerintah sendiri telah menggelontorkan insentif Rp 7 juta per unit motor listrik. Namun ternyata subsidi ini tak berdampak signifikan terhadap pembeluan.

"8 ribuan itu, dari target 200 ribu, jadi memang lebih jauh. Masih jauh dari, target (2023)" katanya, ditemui di Graha Surveyor Indonesia, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan demikian, butuh 192 ribu penjualan lagi untuk bisa mencapai target dalam kurun waktu sekitar 2 bulan. Saifuddin mengatakan, terjualnya motor listrik ini sangat bergantung pada animo masyarakat itu sendiri. Ia berharap, pada bulan Desember mendatang akan terjadi ledakan pembelian.

"Mudah-mudahan Desember ada boom keinginan mereka (masyarakat). Tapi kembali lagi ke masyarakat, bagaimana peminatan mereka terhadap motor listrik," ujarnya.

Di sisi lain, ia mengakui bahwa pada awal-awal subsidi motor listrik digelontorkan pemerintah, serapan motor listrik terbilang cukup rendah. Menurutnya hal ini bisa jadi disebabkan karena syarat penerima subsidi yang terlalu ketat.

"Tapi kemudian direvisi aturan mainnya hanya berdasarkan KTP. NIK-nya dicocokan dengan dukcapil. Yang nggak boleh adalah seseorang ambil 2 motor dengan NIK yang sama. Itu yang sistemnya kita bangun dan akhirnya itu udah berjalan," ujarnya.

Setelah persyaratannya disederhanakan, menurutnya terjadi peningkatan penyerapan motor listrik. Walapun tetap ternyata dampaknta belum dapat membuat target 200 ribu motor listrik tercapai.

"Mungkin tahun depan ada good program yang sama, tapi dengan skema yang, mungkin itu kebijakan pemerintah bagian skema yang akan diterapkan," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan data SISAPIRa yang diakses per 14 November 2023 pukul 15.06, saat ini total ada 5.978 orang yang tengah melakukan proses pendaftaran, 1.994 yang telah terverifikasi, dan 4.148 yang telah tersalurkan. Sementara untuk sisa kuotanya sendiri ini sebesar 187.880 unit.

(shc/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.