Note

PGEO Gandeng Chevron dan Mubadala Gali Potensi Panas Bumi Kotamobagu

· Views 36

Pasardana.id - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (IDX: PGEO) menjalin kerjasama dengan Chevron New Energies International (Chevron) dan Mubadala Energy untuk melakukan kajian eksplorasi potensi panas bumi di Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Direktur Utama PGEO, Julfi Hadi menjelaskan, rencana itu tertuang dalam perjaniian kerjasama kajian antara perseroan dan dua entitas tersebut di Amerika Serikat pada tanggal 13 November 2023 yang di saksikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Kerjasama ini  bertujuan mengembangan panas bumi di Kotamobagau yang selaras dengan pengumuman Pemerintah Indonesia baru-baru ini yang menargetkan penambahan kapasitas terpasang panas bumi sebesar 3,3 gigawatt (GW) sebelum akhir tahun 2030.," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (14/11/2023).

Ia bilang, listrik panas bumi yang diproduksi di Kotamobagu dapat menyediakan sumber energi ramah lingkungan untuk memasok pasar domestik di Indonesia dan berpotensi menjadi pasokan listrik bagi produksi hidrogen atau amonia rendah karbon.

“Kami menugaskan PGE Kotamobagu untuk mengembangkan WKP Kotamobagu yang merupakan kawasan  dengan nilai entalpi tinggi dan sistem hidrotermal vulkanik di lahan luas sebesar 18.530 H,” papar Hadi.

Sementara itu, Country Manager Chevron Indonesia, Wahyu Budiarto mengatakan, proyek pengembangan panas bumi Kotamobagu merupakan kerjasama kelima dengan Pertamina.

“Kami berharap, dapat membawa keahlian teknis dan teknologi baru panas bumi ke dalam kemitraan ini dalam rangka mengeksplorasi sumber energi terbarukan untuk mendukung target transisi energi Indonesia," papar dia.

Sedangkan Chief Executive Officer Mubadala Energy, Mansoor Mohamed Al Hamed merangkan, pengembangan listrik panas bumi ini merupakan bagian penting dari ambisi pertumbuhan energi ramah lingkungan di Indonesia.

“Kesempatan untuk mengeksplorasi proyek-proyek tersebut merupakan bagian dari komitmen Mubadala Energy untuk berperan aktif dalam transisi energi seiring dengan upaya kami untuk terus mendukung target Net Zero di Indonesia," pungkas dia.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.