Note

ADGI dan XR Berkolaborasi Hadirkan Instalasi Seni Bertema Krisis Iklim

· Views 41

Pasardana.id - Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) berkolaborasi dengan organisasi Extinction Rebellion Indonesia (XR), sebuah gerakan global yang berdedikasi untuk darurat iklim dan ekologi melalui sebuah instalasi berjudul “Bilik Tilik, Kotak Otak; Thinking of The Box” pada ajang Bintaro Design District (BDD) 2023.

"Desain grafis adalah medium yang efektif untuk aktifitas propaganda. Kolaborasi ADGI dengan Extinction Rebellion Indonesia ini diharapkan bisa membawa pengaruh positif kepada masyarakat mengenai peran kekaryaan profesi desain grafis dalam membangun kehidupan yang lebih baik di masa depan dengan menyuarakan kesadaran akan lingkungan hidup melalui medium visual," ujar Ritchie Ned Hansel, Ketua Umum ADGI, dalam siaran pers, Selasa (14/11/2023).

"Kami percaya desain grafis memiliki kekuatan untuk membangun narasi yang dapat membentuk tindakan kolektif demi masa depan yang berkelanjutan," tambahnya.

Adapun, kolaborasi tersebut menghadirkan seni instalasi interaktif yang menggugah kesadaran tentang isu lingkungan yang kini menjadi sorotan dunia.

Instalasi yang merupakan bagian dari respon terhadap tema “Envisioning Nature” BDD 2023 tersebut dirancang untuk mempertanyakan dan merefleksikan hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan alam.

Melalui karya tersebut, ADGI dan XR Indonesia mengajak masyarakat untuk merenungkan dampak aksi kita terhadap lingkungan dan mendorong tindakan kolektif dan individual, serta dialog tentang masa depan bumi.

Dalam mewujudkan instalasi seni, ADGI mengajak 10 studio desain anggotanya untuk merancang poster dan simbol berbagai isu lingkungan hidup dan ekologi seperti perubahan iklim, polusi, dan sebagainya.

Melalui poster-poster tersebut diharapkan pengunjung BDD 2023 dapat memahami masalah yang tengah dihadapi dan memikirkan solusi.

Kesepuluh studio desain tersebut adalah; 7per8, Another Design & Co, Akroma, Dassein Design Bureau, DEIO, Karyarupa, Nusae, Suka Studio, Satu Collective, dan Visious.

XR Indonesia juga membawa karya bilik dan kotak yang terbuat dari plastik daur ulang berkolaborasi dengan Norm:a:l Living, di mana publik dapat menyuarakan keresahan mereka dalam merespon isu yang ada di sekitar mereka melalui saset yang juga sebagai surat suara dan dimasukkan ke dalam kotak tersebut sebagai sarana berkesadaran dan bersuara.

Dengan menghadirkan karya yang imersif dan interaktif, instalasi seni tersebut memfasilitasi dialog yang lebih dalam tentang peran setiap individu dalam melawan perubahan iklim.

Di saat yang sama, karya tersebut juga menjadi platform bagi ADGI untuk menunjukkan komitmen dalam mengadvokasi perubahan sosial melalui kekuatan desain grafis.

Instalasi “Bilik Tilik, Kotak Otak” itu dapat dijumpai di Bintaro Design District 2023, Aviary Park, Jalan Permadani Utama, Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten hingga 18 November 2023.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.