Note

Jokowi Sebut Freeport Mau Bikin Smelter di Fakfak

· Views 45
Jokowi Sebut Freeport Mau Bikin Smelter di Fakfak
Presiden Jokowi Ketika berkunjung ke tambang Freeport/Foto: Dok BPMI Setpres
Jakarta

PT Freeport Indonesia bakal membangun smelter baru di Fakfak, Papua Barat. Saat ini Freeport telah membangun smelter baru di Gresik, Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Komitmen Freeport didapatkan Jokowi secara langsung setelah menemui Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin, 13 November 2023.

"Pihak Freeport pun menunjukkan komitmennya untuk membangun smelter di lokasi lain di Indonesia, tidak hanya di Surabaya, tapi di Kabupaten Fakfak, Papua Barat misalnya," ungkap Jokowi dalam unggahannya di Instagram, jokowi, Selasa (14/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Jokowi saat ini Freeport yang kepemilikan sahamnya sudah didominasi BUMN tidak hanya melakukan penambangan barang mentah saja. Namun juga berkontribusi ke misi hilirisasi mineral yang digaungkan olehnya.

"Saat ini Freeport tidak hanya melakukan penambangan emas dan tembaga saja, tapi telah membangun smelter untuk mengolahnya," ujar Jokowi.

Perlu diketahui, Freeport sendiri memiliki dua fasilitas smelter di kawasan Gresik, Jawa Timur. Pertama smelter PT Smelting yang dikerjasamakan dengan Mitsubishi, smelter itu sudah berdiri sejak 1996. Freeport memiliki porsi kepemilikan 40% dan Mitsubishi 60%.

Smelter ini menggunakan teknologi Mitsubishi Continuous Process. Kapasitas pengolahannya sedang diperbesar menjadi 1,3 juta ton per tahun.

Di sisi lain, Freeport juga mengembangkan smelter barunya di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur. Freeport sudah menyelesaikan lebih dari 80% pembangunan smelter per akhir Oktober sesuai target linimasa kurva-S dari pemerintah.

Intuk penyelesaian konstruksi fisik ditargetkan selesai pada akhir Desember 2023, kemudian akan melalui tahap pre-commissioning dan commissioning untuk memastikan seluruh fasilitas berfungsi tanpa masalah dan bisa memulai kegiatan operasionalnya pada akhir Mei 2024. Setelah beroperasi, smelter kedua ini akan mencapai kapasitas produksi penuh pada Desember 2024.

Pada pembangunan smelter kedua ini, PTFI sudah menanamkan investasi hingga US$ 2,9 miliar atau setara dengan Rp 43 triliun per akhir Oktober 2023, dari total anggaran US$ 3 miliar. Setelah beroperasi penuh, smelter ini akan mampu mengolah konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta dry metric ton (dmt) dan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun.

(rir/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.