Note

Simak! Saham-saham yang Berpotensi Kasih Untung Hari Ini

· Views 49
Simak! Saham-saham yang Berpotensi Kasih Untung Hari Ini
Ilustrasi saham - Foto: Getty Images/iStockphoto/Grafissimo
Jakarta

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range 6.800 - 6.876. Riset Ajaib Sekuritas menyebutkan pada perdagangan Senin (13/11) IHSG ditutup naik 0,43% atau +29,08 poin pada level 6.838,31.

Adapun sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain, dari dalam negeri, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan penghargaan total insentif fiskal sebesar Rp750 miliar kepada provinsi yang berupaya mengatasi kemiskinan ekstrim.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, target penghapusan kemiskinan ekstrem sebesar 6,5-7,5%, namun berdasarkan data BPS tingkat kemiskinan nasional per Maret 2023 masih tercatat di level 9,36%.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, Investor asing melakukan jual bersih di pasar ekuitas domestik sebesar Rp108,35 miliar. Seiring dengan keluarnya arus modal asing dari investasi portofolio, nilai tukar rupiah Jisdor kembali melemah ke level Rp 15.713 per dolar AS pada Senin (13/11).

Dari Mancanegara, Pelaku pasar menanti rilis inflasi Amerika Serikat (AS) periode Oktober 2023. Laju inflasi berpotensi lebih lambat dari bulan sebelumnya seiring dengan imbal hasil US Treasury tenor 10 tahun yang bergerak stabil di level 4,6%. Dari Asia, Jumlah penyaluran kredit baru dalam yuan tercatat sebesar CNY 738,4 miliar pada Oktober 2023, setelah pada bulan sebelumnya sebesar CNY 2.310 miliar.

Penyaluran kredit pada Oktober 2023, merupakan yang terendah dalam 3 bulan terakhir akibat dari turunnya permintaan kredit di sektor rumah tangga, properti dan korporasi. Sementara itu, pada periode yang sama di China, jumlah uang beredar dalam arti luas (M2) tumbuh 10,3% yoy, pertumbuhan tahunan tersebut tetap sama dibandingkan bulan September 2023 sebesar 10,3%. Secara keseluruhan, ekonomi China masih belum menunjukkan pemulihan yang signifikan, tercermin dari deflasi 0,2% pada Oktober 2023.

Saham-saham Pilihan Ajaib Sekuritas

MEDC
Buy : 1.185
TP : 1.125
Stop loss: <1.140

MEDC berpotensi reversal dari bearish jangka menengah. Pergerakan harga di atas MA-5, indikator MACD bar histogram melemah terbatas dalam momentum akumulasi dan stochastic crossing di area netral. Harga crude oil kembali menguat, WTI naik 1,68% di level USD78,48 per barel pada Senin (13/11). Sementara itu. Realisasi Capex MEDC hingga 9M23 sebesar US$210 juta, dimana sektor Migas berkontribusi sebesar US$155 juta untuk pengembangan blok Natuna dan Corridor, serta sektor terbarukan sebesar US$55 juta untuk pengembangan proyek Ijen Geothermal.

ISAT
Buy : 9.450
TP : 9.775
Stop loss: <9.100

ISAT sideways dalam jangka pendek. Berpotensi menguat membentuk long white candle. Indikator MACD bar histogram melemah terbatas dan stochastic bergerak naik dari area oversold. ISAT melebarkan strategi bisnis ke segmen Internet of Things (IoT) setelah sukses menawarkan solusi konektivitas. ISAT mengembangkan layanan IoT di sektor smart mining dan smart plantation yang berpotensi mengurangi belanja modal (Capex) para pelanggannya.

PGEO
Buy : 1.230
TP : 1.270
Stop loss: <1.180

PGEO berpotensi reversal dari bearish jangka pendek membentuk bullish spinning top di area support MA-100. Indikator MACD bar histogram dalam momentum akumulasi dan stochastic golden cross di area oversold. PGEO menghabiskan dana sebesar US$ 265 juta untuk meningkatkan kapasitas geothermal. Per September 2023, PGEO memiliki kapasitas produksi 1.887 megawatt (MW) dari 13 wilayah kerja, dimana sebesar 672 dan 1.205 MW.

Disclaimer: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Sekuritas membuat informasi ini melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.