Note

Dolar Australia Bertahan di Atas Level Utama Jelang Data Inflasi AS

· Views 46
Bagikan:
  • Dolar Australia melanjutkan kenaikan karena Dolar AS menurun untuk hari kedua.
  • Sentimen konsumen Australia turun 2,6% di bulan November, dibandingkan dengan pertumbuhan sebelumnya sebesar 2,9%.
  • Greenback melemah karena penurunan imbal hasil obligasi AS.

Dolar Australia (AUD) melanjutkan kenaikan untuk hari kedua berturut-turut pada hari Selasa. Pasangan AUD/USD menerima dukungan naik karena Dolar AS (USD) melemah karena imbal hasil obligasi AS yang suram.

Kepercayaan Konsumen Westpac Australia mengungkapkan pada hari Selasa bahwa sentimen konsumen turun secara substansial pada bulan November, yang dapat melemahkan Dolar Australia (AUD). Selain itu, AUD berada di bawah tekanan setelah Reserve Bank of Australia (RBA) memberikan nada dovish pada pertemuan terakhirnya. RBA melukiskan gambaran ekonomi yang menantang dalam Pernyataan Kebijakan Moneter (MPS) pada hari Jumat lalu, menunjukkan inflasi yang membandel dan ekonomi Australia yang lesu.

AUD sempat bersorak menyambut pernyataan hawkish dari Asisten Gubernur (Ekonomi) RBA, Marion Kohler. Kohler menyatakan bahwa penurunan inflasi diprakirakan akan lebih lambat dari yang diantisipasi sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh masih tingginya tingkat permintaan domestik dan kuatnya tekanan dari biaya tenaga kerja dan biaya-biaya lainnya. Kohler menekankan perlunya kebijakan yang lebih ketat untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh peningkatan inflasi.

Indeks Dolar AS (DXY) menghadapi penurunan hari kedua berturut-turut, dipengaruhi oleh imbal hasil Treasury AS yang lebih rendah. Pandangan pasar tertuju pada data inflasi AS yang akan dirilis pada hari Selasa. Proyeksi menunjukkan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) akan naik di bulan Oktober dengan laju yang melambat. Perkiraan untuk tingkat tahunan inti tetap stabil. Jika data ini sesuai dengan ekspektasi, hal ini dapat memperkuat keyakinan pasar bahwa Federal Reserve (The Fed) telah menyelesaikan kenaikan suku bunganya.

Instisari Penggerak Pasar Harian: Dolar Australia Mempertahankan Posisinya setelah Pulih dari Terendah Minggu Sebelumnya

  • Kepercayaan Konsumen Westpac Australia turun 2,6% di bulan November, berayun dari pertumbuhan sebelumnya sebesar 2,9%.
  • RBA menyoroti tantangan yang berasal dari tekanan inflasi yang terus-menerus dan ekonomi domestik yang lesu dalam Pernyataan Kebijakan Moneter (MPS) pada hari Jumat lalu.
  • Dewan RBA mengakui adanya kesulitan keuangan pada banyak rumah tangga. Anggaran memang merasakan tekanan. Dalam dinamika ekonomi yang berubah-ubah, bank sentral memberikan gambaran yang beragam dengan menaikkan proyeksi inflasi dan pertumbuhan PDB.
  • RBA menaikkan Official Cash Rate (OCR) dari 4,10% ke level tertinggi 12 tahun di 4,35%, menanggapi Indeks Harga Konsumen Bulanan (YoY) terbaru untuk bulan September, yang mengindikasikan peningkatan penting sebesar 5,6% dibandingkan dengan ekspektasi pertumbuhan 5,4%.
  • Inflasi sekuritas TD Australia (YoY) turun ke 5,1% di bulan September dari 5,7% sebelumnya.
  • Para ekonom di National Australia Bank (NAB) mengantisipasi kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin di bulan Februari setelah data inflasi kuartal keempat. Selain itu, NAB meyakini bahwa penurunan suku bunga tidak akan dimulai hingga November 2024.
  • Pertemuan Presiden AS dan Presiden Tiongkok yang akan datang sudah di depan mata, dan Presiden AS Joe Biden bertujuan untuk membangun kembali hubungan militer-ke-militer dengan Tiongkok. Pertemuan tatap muka yang sangat dinanti-nantikan antara Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping dijadwalkan pada hari Rabu, menandai pertemuan tatap muka pertama mereka dalam satu tahun terakhir selama KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di San Francisco.
  • Indeks Harga Konsumen (IHK) Tiongkok mengalami penurunan tahunan sebesar 0,2% di bulan Oktober, dibandingkan dengan ekspektasi penurunan sebesar 0,1%. IHK bulanan turun 0,1%, kontras dengan pertumbuhan 0,2% sebelumnya. Skenario ekonomi yang lebih lemah di Tiongkok membayangi Dolar Australia (AUD), mengingat ketergantungan besar Australia pada mitra dagang terbesarnya.
  • Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell memberikan kejutan dalam pidatonya pada hari Kamis, dengan mengambil sikap yang lebih hawkish daripada yang diantisipasi. Powell mengungkapkan kekhawatirannya bahwa kebijakan saat ini mungkin tidak cukup ketat untuk menarik inflasi ke target 2,0% yang didambakan.
  • Laporan Anggaran Bulanan AS melaporkan defisit sebesar $67 miliar di bulan Oktober, dibandingkan dengan defisit yang diharapkan sebesar $65 miliar.
  • Data awal Sentimen Konsumen Michigan AS untuk bulan November menunjukkan penurunan sentimen di kalangan konsumen. Turun ke 60,4 dari 63,8 di bulan sebelumnya.

Analisis Teknis: Dolar Australia Tetap di Atas 0,6350 Diikuti oleh Penghalang di EMA 14 Hari

Dolar Australia diperdagangkan lebih tinggi di dekat 0,6380 pada hari Selasa, dengan Exponential Moving Average (EMA) 14-hari di 0,6389 sebagai resistance awal. Penghalang yang signifikan juga ada di level psikologis 0,6400. Jika ada penembusan yang meyakinkan di atas level ini, maka dapat membuka jalan bagi pasangan AUD/USD untuk menjelajahi wilayah di sekitar Fibonacci retracement 23,6% di 0,6417. Pada sisi negatifnya, level support utama di 0,6350 ikut berperan, diikuti oleh level terendah tiga minggu di 0,6314.

AUD/USD: Grafik Harian

Dolar Australia Bertahan di Atas Level Utama Jelang Data Inflasi AS

Harga Dolar Australia Hari Ini

Tabel di bawah ini menunjukkan persentase perubahan Dolar Australia (AUD) terhadap mata uang utama yang terdaftar hari ini. Dolar Australia adalah yang terkuat terhadap Franc Swiss.

  USD EUR GBP CAD AUD JPY NZD CHF
USD   0.04% 0.06% 0.00% -0.03% 0.06% 0.03% 0.08%
EUR -0.04%   0.02% -0.05% -0.07% 0.02% -0.01% 0.04%
GBP -0.06% -0.02%   -0.06% -0.06% 0.00% -0.03% 0.03%
CAD 0.00% 0.05% 0.06%   0.00% 0.06% 0.04% 0.10%
AUD 0.01% 0.04% 0.06% 0.00%   0.06% 0.03% 0.09%
JPY -0.07% -0.02% 0.02% -0.07% -0.09%   -0.01% 0.01%
NZD -0.04% 0.00% 0.03% -0.03% -0.06% 0.02%   0.04%
CHF -0.08% -0.04% -0.02% -0.09% -0.11% -0.02% -0.05%  

Heat Map menunjukkan persentase perubahan mata uang utama terhadap satu sama lain. Mata uang dasar dipilih dari kolom kiri, sedangkan mata uang pembanding dipilih dari baris atas. Sebagai contoh, jika Anda memilih Euro dari kolom kiri dan bergerak di sepanjang garis horizontal ke Yen Jepang, persentase perubahan yang ditampilkan di dalam kotak akan menunjukkan EUR (dasar)/JPY (pembanding).

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.