Note

Pecut Transformasi Digital, Produksi Batu Bara Bukit Asam (PTBA) Moncer

· Views 67
Pecut Transformasi Digital, Produksi Batu Bara Bukit Asam (PTBA) Moncer
Pecut Transformasi Digital, Produksi Batu Bara Bukit Asam (PTBA) Moncer (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Bukit Asam (PTBA) tengah melakukan transformasi digital di hampir seluruh lini operasional mereka. Utamanya di lini produksi.

Lewat transformasi digital ini, PTBA mengklaim telah mampu mendorong terjadinya efisiensi dan peningkatan produksi batu bara mereka secara signifikan.

Baca Juga:
Pecut Transformasi Digital, Produksi Batu Bara Bukit Asam (PTBA) Moncer Bukit Asam (PTBA) dan Kimia Farma (KAEF) Kerja Sama di Bidang Kesehatan

Proses transformasi digital pada kegiatan operasional PTBA, tergambar jelas di ruang kendali yang diberi nama Mine Control Center (MCC). Dinding di ruang utama ruang kontrol itu dipasang tiga layar berukuran sangat besar.

Di layar itu tampil aktivitas operasional tambang yang direkam melalui kamera pengawas (CCTV) yang terpasang di areal operasional dan terhubung langsung melalui Internet ke MCC. Ada pula data-data produksi dan rekaman pergerakan kendaraan tambang yang sedang beroperasi.

Baca Juga:
Pecut Transformasi Digital, Produksi Batu Bara Bukit Asam (PTBA) Moncer Jalankan Prinsip Keberlanjutan, Bukit Asam (PTBA) Raih Platinum di ASRRAT 2023

Di ruangan lainnya, terdapat sejumlah staf dengan peralatan komputasi canggih. Mereka bertugas menerima dan mengolah data dan rekaman video untuk dimunculkan di layar raksasa di ruang kendali utama. Baik data maupun rekaman aktifitas itu dimunculkan secara waktu nyata (real time).

"Kita sudah mulai transformasi digitalisasi ini sejak 2020. Kita bentuk tim digitalisasi. Saat ini hampir seluruh operasional kita sudah terhubung dengan Internet dan beralih dari manual ke digital. Hanya tersisa beberapa lagi yang masih on progress," kata Asisten Manajer Administrasi Dan Pelaporan Penambangan PTBA Muhammad Ihsan, Senin (13/11/2023).

Baca Juga:
Pecut Transformasi Digital, Produksi Batu Bara Bukit Asam (PTBA) Moncer Laba Bukit Asam (PTBA) Tergerus Jadi Rp3,8 Triliun per Kuartal III-2023
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.