Note

Volatilitas Rupiah Lebih Rendah Dibanding Mata Uang Korea-Rusia

· Views 49
Volatilitas Rupiah Lebih Rendah Dibanding Mata Uang Korea-Rusia
Volatilitas Rupiah Lebih Rendah Dibanding Mata Uang Korea-Rusia. Foto: MPI

IDXChannel - Bank Indonesia (BI) menegaskan selalu menjaga volatilitas nilai tukar rupiah tetap managable. Bahkan volatilitas rupiah lebih rendah dibanding negara lain seperti Korea Selatan dan Rusia. 

"BI menjaga volatilty nilai tukar tetap managable, artinya kalau nilai tukar levelnya harus menguat, tapi kalau menguat terlalu cepat tidak baik. Kalau melemah terlalu cepat juga tidak biak," kata Direktur Departemen Pengelolaan Moneter (DPM) BI Ramdan Denny Prakoso di Raja Ampat, Papua Barat akhir pekan lalu. 

Baca Juga:
Volatilitas Rupiah Lebih Rendah Dibanding Mata Uang Korea-Rusia BI: Kalau Kita Sangat Agresif Intervensi Rupiah, dalam Sekejap Cadangan Devisa Habis

"Jadi kita melihat kepentingan eksportir dan importir dan psikologis dari pelaku pasar," imbuhnya. 

BI, dia menambahkan, juga ingin menghindari pelemahan yang terlalu cepat karena bisa memberikan kepanikan di pasar. Karena itu, menurutnya, penting mengelola volatilitas nilai tukar rupiah. 

Baca Juga:
Volatilitas Rupiah Lebih Rendah Dibanding Mata Uang Korea-Rusia BI: Instrumen Baru Lebih Baik dari Sebelumnya untuk Akselerasi Pasar Uang

Adapun ketidakpastian di pasar keuangan masih tetap tinggi, yang dipengaruhi oleh dinamika di Amerika, Eropa, dan China. Hal ini ditambah faktor geoplotik yang mengakibat kondisi global menjadi tidak pasti.  

Namun nilai tukar rupiah sepanjang 2023 relatif lebih resilien dibanding emerging market peers, disertai dengan volatilitas yang terjaga. 

Baca Juga:
Volatilitas Rupiah Lebih Rendah Dibanding Mata Uang Korea-Rusia Bagaimana Dampak Pemilu terhadap Ekonomi Indonesia? Ini Kata BI

Adapun volatilitas rupiah per 8 November 2023 (year to date/YtD) tercatat sebesar 8,59 persen. Ini lebih baik dibanding dengan sejumlah negara lain. 
 
"Kita memag tidak sebaik Filipina yang 7,65 persen, India 4,42 persen tapi dibanding negara lain, (Indonesia) better-lah," ucapnya. 

Volatilitas mata uang Rusai, rubel mencapai 27,22; Afrika Selatan, Rand Afrika Selatan 21,13 persen; Malaysia, ringgit sebesar 9,77 persen; Korea Selatan, Won 13,52 persen. Bahkan mata uang Meksiko, peso sebagai salah satu yang menguat cukup tinggi tapi volatilitasnya dua kali mata uang Indonesia, yakni mencapai 16,4 persen. 

Baca Juga:
Volatilitas Rupiah Lebih Rendah Dibanding Mata Uang Korea-Rusia BI Sebut Konsumsi Rumah Tangga RI Ditopang Milenial dan Gen Z

Meski lebih rendah dibanding beberapa negara, namun BI akan terus berupaya menurunkan volatilitas rupiah karena semakin tidak tinggi akan semakin baik. 

Ini juga alasan BI melakukan inovasi, terutama dengan menerbitkan sejumlah instrumen baru seperti Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) dan menyusul bulan ini Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI) dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI).

Itu dilakukan dalam rangka memperdalam pasar keuangan Indonesia, menarik inflow, yang pada akhirnya mendukung nilai tukar rupiah dan perekonomian Indonesia.  

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.