Note

Gelar IPO, Maja Agung Latexindo Bidik Dana hingga Rp215,36 Miliar

· Views 52
Gelar IPO, Maja Agung Latexindo Bidik Dana hingga Rp215,36 Miliar
Gelar IPO, Maja Agung Latexindo Bidik Dana hingga Rp215,36 Miliar. Foto: MNC Media.

IDXChannel - PT Maja Agung Latexindo Tbk menggelar penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Dalam aksi korporasi ini, perseroan menawarkan sebanyak 1,26 miliar saham atau 20,00% dari total modal ditempatkan dan disetor.

Perseroan telah menetapkan harga penawaran awal atau bookbuilding sebesar Rp160-Rp170 per saham. Dengan demikian, perseroan berpotensi meraup dana segar sebesar Rp202,70 miliar hingga Rp215,36 miliar.

Baca Juga:
Gelar IPO, Maja Agung Latexindo Bidik Dana hingga Rp215,36 Miliar Penghimpunan Dana via IPO Tembus Rp53,84 Triliun

Perusahaan yang memproduksi sarung tangan latex ini akan mengalokasikan 49,45% dana hasil IPO sebagai belanja modal atau capital expenditure (capex). Secara rinci, sebesar 20,26% akan digunakan untuk pengembangan bangunan gudang, pabrik, dan kantor perseroan yang berlokasi Deli Serdang, Sumatera Utara. 

“Adapun pengembangan dimaksud dilakukan pada bangunan di atas lahan milik perseroan. Rencana periode pengembangan bangunan yaitu pada akhir tahun 2023 sampai dengan akhir tahun 2024,” demikian dikutip dari prospektus, Senin (13/11/2023).

Baca Juga:
Gelar IPO, Maja Agung Latexindo Bidik Dana hingga Rp215,36 Miliar Gelar IPO, Janu Putra (AYAM) Tawarkan Harga Rp100-Rp110 per Saham

Kemudian, sekitar 24,55% akan digunakan untuk penambahan dan remodifikasi mesin produksi perseroan. Secara garis besar, mesin yang akan dilakukan penambahan dan remodifikasi yakni, mesin former, fasilitas penunjang produksi dan pengolahan, jalur olahan, fasilitas air bersih, hydrant dan jalur hydrant, mesin chiller, mesin kompresor dan jalur drainase.

Adapun, pembelian mesin-mesin baru akan dilakukan dengan sistem beli-putus sesuai dengan harga yang berlaku pada saat pembelian. Perseroan masih dalam tahap mencari calon vendor yang dapat memenuhi spesifikasi mesin ataupun bagian-bagian dari mesin sesuai dengan kebutuhan perseroan, sehingga belum terdapat penawaran atau perjanjian dengan calon vendor atau pihak ketiga manapun. 

Baca Juga:
Gelar IPO, Maja Agung Latexindo Bidik Dana hingga Rp215,36 Miliar 5 IPO dengan Nilai Terbesar 2023: Ada yang Masuk 10 Besar Market Cap Jumbo

Selanjutnya, sehubungan dengan remodifikasi mesin-mesin, perseroan akan melakukan remodifikasi sendiri oleh tenaga kerja internalnya.

Lalu, sekitar 3,11% akan digunakan untuk pembangunan fasilitas pengelolaan limbah perseroan. Serta, sekitar 1,53% akan digunakan sebagai untuk pengembangan software penunjang operasional perseroan. 

Pengembangan software tersebut akan dilakukan dengan membeli software dengan pihak penyedia software dan akan dilakukan dengan sistem beli putus dengan harga yang berlaku pada saat pembelian.

Selanjutnya, sekitar 50,55% akan digunakan sebagai modal kerja atau operational expenditure (opex). Dengan rincian, sekitar 9,61% akan digunakan untuk penambahan daya listrik di area pabrik perseroan. 

Sisanya sekitar 40,49% akan digunakan untuk modal kerja perseroan, namun tidak terbatas pada biaya pemasaran dan pembelian persediaan bahan baku dan bahan penunjang guna mendukung kegiatan usaha perseroan.

“Sehubungan dengan modal kerja untuk biaya pemasaran dan pembelian persediaan bahan baku dan bahan penunjang, perseroan telah memiliki perjanjian jual beli untuk bahan baku dengan pihak terafiliasinya,” lanjut prospektus.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.