Note

IHSG Awal Pekan Dibuka Menguat ke 6.809

· Views 41
IHSG Awal Pekan Dibuka Menguat ke 6.809
IHSG/Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka di zona hijau. IHSG menguat ke level 6.809.

Mengutip data RTI, Senin (13/11/2023), IHSG berada di level tertingginya pada 6.839 dan terendahnya 6.812. Sebanyak 260 saham menguat, 185 melemah, dan 206 stagnan.

Mengutip riset Ajaib Sekuritas, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain,dari dalam negeri,Bank Indonesia (BI) berupaya menstabilkan nilai tukar rupiah, serta menarik inflow investor asing ke dalam investasi portofolio melalui penerbitan instrumen Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI) dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Instrumen tersebut memiliki underlying aset berupa surat berharga dan sukuk dalam valuta asing. SVBI dan SUVBI akan mulai diterapkan sebagai instrumen operasi moneter valas pada 21 November 2023. Di sisi lain, pernyataan hawkish Jerome Powell di akhir pekan, Jumat (10/11), membuat nilai tukar rupiah JISDOR kembali terdepresiasi berada pada level Rp 15.693 per dolar AS.

Sejalan dengan melemahnya nilai tukar rupiah, pada perdagangan Jumat (10/11), investor asing masih tercatat jual bersih senilai Rp705,3 miliar di pasar ekuitas domestik.

Dari Mancanegara, Badan Pusat Statistik Inggris mencatat produksi di sektor manufaktur tumbuh 3% yoy pada September 2023. Sejalan dengan itu, neraca perdagangan Inggris pada September mengalami defisit yang menyusut menjadi GBP1,57 miliar, lebih baik dari bulan sebelumnya tercatat defisit GBP2,69.

Dari Asia, Penjualan kendaraan di China pada Oktober 2023 tumbuh 13,8% yoy menjadi 2,85 juta unit, lebih tinggi dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 9,5% yoy. Akselerasi penjualan mobil didorong oleh pameran otomotif dan promosi.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.