Note

Demi Kelancaran Konektivitas, KemenPUPR Rampungkan 3 Ruas Jalur Pansela Jatim

· Views 47

Pasardana.id - Kementerian PUPR telah menyelesaikan 3 ruas baru Jalan Pantai Selatan (Pansela) di Provinsi Jawa Timur sepanjang 90,227 km.

Dalam rilis resmi, dikutip Senin (13/11), Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyebutkan, tiga ruas jalur Pansela di Jawa Timur yang telah selesai dan siap diresmikan adalah ruas Jarit-Puger di Kabupaten Lumajang sepanjang 54,135 km.

Selanjutnya, ruas Simpang Balekambang–Kedungsalam di Kabupaten Malang sepanjang 18,062 km dan ruas Prigi-Klatak-Brumbun sepanjang 18,03 km.

Kata Basuki, pembangunan Jalan Pansela Jawa Timur diharapkan dapat menjadi jalur wisata wilayah pesisir pantai selatan dan memperlancar konektivitas Pulau Jawa bagian selatan serta untuk mengurangi beban lalu lintas Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa.

“Kita terus promosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus namun juga memiliki pemandangan yang indah (panoramic road) dan terdapat banyak objek wisata,” ujarnya.

Sebagai informasi, pembangunan ruas Jarit- Puger di kabupaten Lumajang dikerjakan pada 2019-2022 dengan biaya senilai Rp 257 miliar, termasuk pembangunan Jembatan Paseban I dan II sepanjang 82,80 meter.

Sedangkan ruas Simpang Balekambang–Kedungsalam di Kabupaten Malang, biaya pembangunannya senilai Rp 227,73 miliar dengan masa pelaksanaan 2019-2022.

Terakhir, ruas Prigi-Klatak-Brumbun yang pembangunannya dilaksanakan pada 2020-2023 ini menghabiskan biaya sebesar Rp 602,545 miliar.

Dengan begitu, total Jalan Pansela Jawa Timur yang selesai terbangun sepanjang 372,82 km dari total panjang 628,39 km.

Ruas jalan Pansela terbentang melintasi 5 provinsi di Pulau Jawa yakni Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km.

Lalu di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari Batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga Batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.

Kemudian, Jalan Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai Batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km.

Selanjutnya, di Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta dengan ruas Karang Nongko-Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 km.

Terakhir adalah ruas-ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul-Sendangbiru–Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 628,39 km.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.