Note

Wall Street Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Saham Perbankan yang Terpuruk

· Views 32
Wall Street Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Saham Perbankan yang Terpuruk
Wall Street Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Saham Perbankan yang Terpuruk. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Wall Street pekan ini akan dipengaruhi oleh laju saham perbankan yang melemah. Para investor yang skeptis mengatakan masalah-masalah sektor perbankan kemungkinan akan terus berlanjut untuk beberapa waktu.

Di sisi lain, para pemburu barang murah (bargain hunter) terus mencari saham-saham perbankan AS yang terpuruk dengan nilai valuasi yang menarik.

Baca Juga:
Wall Street Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Saham Perbankan yang Terpuruk Wall Street Pekan Depan: Sambut Data Inflasi, Saham Perbankan Jadi Perhatian

Saham perbankan berada pada titik terendah sepanjang masa dibandingkan dengan S&P 500 berdasarkan harga relatif, menurut data dari BofA Global Research. Penurunan tersebut membuat valuasi mereka menarik bagi beberapa investor: sektor ini diperdagangkan dengan pendapatan ke depan delapan kali lipat, kurang dari setengah valuasi S&P 500 sebesar 19,7.

“Saat ini, Anda tidak bisa mengatakan dengan pasti apakah valuasi yang menarik hanyalah jebakan nilai,” kata Quincy Krosby, kepala strategi global di LPL Financial, mengacu pada istilah yang menggambarkan saham yang murah karena alasan yang baik.

Baca Juga:
Wall Street Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Saham Perbankan yang Terpuruk Wall Street Ditutup Tak Berdaya, Sudahi Kenaikan Beruntun Nasdaq dan S&P 500

Mengutip Reuters, indeks bank S&P 500 (.SPXBK) turun sekitar 11% pada tahun 2023, tahun yang dimulai dengan kegagalan Silicon Valley Bank dan beberapa pemberi pinjaman lainnya dalam krisis perbankan terburuk sejak tahun 2008. S&P 500 (.SPX) yang lebih luas, sebesar sebaliknya, naik sekitar 15%.

Kebijakan The Fed

Salah satu faktor kunci bagi saham perbankan adalah apakah Federal Reserve hampir menyelesaikan siklus pengetatan moneter yang telah membawa suku bunga AS tertinggi dalam beberapa dekade.

Baca Juga:
Wall Street Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Saham Perbankan yang Terpuruk Wall Street Dibuka Menguat, Pasar Optimistis The Fed Ambil Kebijakan Dovish

Tarif yang lebih tinggi memungkinkan pemberi pinjaman membebankan bunga yang lebih tinggi kepada pelanggan. Namun hal ini juga meningkatkan daya tarik obligasi jangka pendek dan investasi yang menghasilkan imbal hasil lainnya dibandingkan rekening tabungan, sekaligus menurunkan permintaan hipotek dan pinjaman konsumen.

Hanya sedikit investor yang percaya akan terjadi kenaikan suku bunga lebih lanjut. Namun tanda-tanda The Fed akan mempertahankan suku bunga pada level saat ini hingga sebagian besar tahun depan telah membebani saham perbankan. 

Beberapa investor tampaknya mulai bergerak ke sektor ini, terlihat dari dana SPDR Sektor Pilihan Keuangan menerima arus masuk bersih sebesar USD694,59 juta dalam pekan yang berakhir pada hari Rabu, yang merupakan kinerja mingguan terbaik dalam lebih dari tiga bulan.

Bulan ini, analis di BofA Global Research mengatakan investor harus “secara selektif” menambahkan eksposur ke saham bank untuk mengantisipasi puncak suku bunga. Sebagian besar risiko terhadap sektor ini berasal dari suku bunga yang lebih tinggi, kata mereka, termasuk tekanan margin karena kenaikan biaya simpanan dan masalah dengan real estat komersial.

Investor terkenal Bill Gross mengatakan pekan lalu bahwa dia yakin sektor ini telah mencapai titik terendahnya dan menambahkan bahwa dia memegang sejumlah saham bank regional, sehingga memicu kenaikan tajam pada saham mereka.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.