Note

3 Hal Penting buat RI Usai Vale Sepakat Lepas Saham 14%

· Views 55
3 Hal Penting buat RI Usai Vale Sepakat Lepas Saham 14%
Menteri ESDM Arifin Tasrif.Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta

Pelepasan atau divestasi saham pada PT Vale Indonesia Tbk telah diputuskan. Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, Vale Canada Ltd dan grupnya sepakat akan melepas 14% saham ke holding pertambangan BUMN MIND ID. Berikut informasinya:

1. MIND ID Pemegang Saham Mayoritas

Divestasi saham ini sendiri sebagai syarat bagi Vale untuk memperpanjang operasinya di Indonesia. Arifin mengatakan, divestasi saham tersebut telah diputuskan.

"Sudah, sudah diputusin," ujar Arifin Tasrif di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (10/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan, dengan divestasi itu kepemilikan saham Vale oleh MIND ID akan menjadi 34%. Menurut Arifin dengan begitu MIND ID menjadi pemegang saham terbanyak.

"Jadi yang dilepas oleh Vale adalah 14% lagi, grup ya, dengan itu MIND bisa 34% dan itu mayoritas di antara yang lain," ujarnya.

2. MIND ID Bisa Tunjuk Dirut & Komut

Dengan menjadi pemegang saham mayoritas, MIND ID bisa memilih direktur utama (dirut) dan komisaris utama (komut) di PT Vale Indonesia Tbk. Untuk diketahui, saat ini Vale Canada menggenggam 43,79% saham Vale Indonesia, Sumitomo Metal Mining 15,03%, MIND ID 20% dan publik 21,18%.

"Nanti board management yang akan, prinsipnya nanti dirut dan komutnya itu dari pemegang yang terbesar," kata.

3. Harus Harga Spesial

Arifin mengatakan, harga saham yang dilepas tengah dibahas antara MIND ID dan Vale. Arifin menegaskan, Vale harus memberikan harga yang spesial kepada MIND ID.

"Itu lagi ngomong berdua, yang penting harganya harus ada special price buat kita," katanya.

(acd/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.