Note

Strategi Gojek Lewat Food Delivery Dorong UMKM RI Bangkit Pasca Pandemi

· Views 50
Strategi Gojek Lewat Food Delivery Dorong UMKM RI Bangkit Pasca Pandemi
Strategi Gojek Lewat Food Delivery Dorong UMKM RI Bangkit Pasca Pandemi. (Foto: Gojek)

IDXChannel - Gojek dan Asian Development Bank (ADB) baru saja meluncurkan hasil joint study yang berjudul Online Platforms, Pandemic, and Business Resilience in Indonesia 2023.

Dalam riset tersebut, Gojek dan ADB memotret dinamika ekonomi Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia yang harus berjuang menhadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga:
Strategi Gojek Lewat Food Delivery Dorong UMKM RI Bangkit Pasca Pandemi Bos Gojek Tokopedia Borong Saham GOTO di Harga Murah Rp2

Gojek disebut memiliki peran penting dalam kelangsungan operasional UMKM selama lockdown pandemi yang ketat sepanjang 2020 hingga 2021.

Ini tercermin dari posisi Gojek yang menguasai 43 persen dari pasar pesan-antar makanan senilai USD4,6 miliar di Indonesia pada 2021.

Baca Juga:
Strategi Gojek Lewat Food Delivery Dorong UMKM RI Bangkit Pasca Pandemi Harta Kekayaan Kevin Aluwi, Co-Founder Gojek yang Memiliki Miliaran Saham di GOTO

Diketahui startup jasa ride hiling ini memiliki aplikasi layanan pesan-antar makanan GoFood. Melalui aplikasi ini, pedagang UMKM memiliki kesempatan untuk menjual makanan rumahan dan mengirimkannya melalui layanan pesan antar dari driver Gojek.

Riset riset Alvara Research Center yang diterbitkan pada November 2022 lalu, Gofood jadi platform paling laku digunakan para pelaku UMKM Indonesia yang menyentuh 99,3 persen dari total responden.

Baca Juga:
Strategi Gojek Lewat Food Delivery Dorong UMKM RI Bangkit Pasca Pandemi Sumber Kekayaan Nadiem Makarim, Pendiri Gojek dengan Harta Mencapai Rp4,8 Triliun

Sementara, pengguna GrabFood terbanyak kedua dengan presentase 98,8 persen. ShopeeFood harus puas di posisi ketiga dengan presentase mencapai 70,2 persen. Secara umum, Alvara menyebut mayoritas UMKM dalam survei ini menggunakan 3 platform online food delivery (OFD).

Berdasarkan survei yang dilakukan Rakuten Insight, sekitar 75 persen responden di Indonesia menyatakan bahwa GoFood menjadi aplikasi pesan-antar makanan yang paling sering mereka gunakan per April 2023. (Lihat grafik di bawah ini.)

Strategi Gojek Lewat Food Delivery Dorong UMKM RI Bangkit Pasca Pandemi

Dalam riset terbaru Gojek bersama ADB, sejumlah responden yang merupakan merchant GoFood menggunakan hanya platform Gojek mencapai 16,7 persen, sedangkan sisanya menggunakan platform Gojek bersamaan dengan platform lain.

Potensi Bisnis Makanan Online

UMKM merupakan salah satu motor penggerak ekonomi Indonesia. UMKM menyediakan lapangan kerja, menghasilkan pendapatan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan di Indonesia.

Pada 2020, sektor UMKM berkontribusi sekitar 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan menyediakan sekitar 97 persen dari total lapangan kerja.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.