Note

Vale Sepakat Lepas Saham 14%, Menteri ESDM: Harus Special Price!

· Views 37
Vale Sepakat Lepas Saham 14%, Menteri ESDM: Harus Special Price!
Menteri ESDM Arifin Tasrif. Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Jakarta

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, pemegang saham utama PT Vale Indonesia Tbk sepakat untuk melepas 14% saham tambahan ke pihak Indonesia. Adapun pihak yang akan melepas sebagian kepemilikannya itu yakni Vale Canada Ltd dan Sumitomo Metal Mining.

Untuk harga saham yang dilepas tengah dibahas antara holding pertambangan BUMN MIND ID dan Vale. Arifin menegaskan, Vale harus memberikan harga yang spesial kepada MIND ID.

"Itu lagi ngomong berdua, yang penting harganya harus ada special price buat kita," katanya di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (10/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Divestasi saham ini merupakan syarat bagi Vale Indonesia untuk memperpanjang operasinya di Indonesia. Dengan tambahan saham 14%, MIND ID akan menggenggam saham 34%. Menurut Arifin, MIND ID akan menjadi pemegang saham Vale terbesar.

"Jadi yang dilepas oleh Vale adalah 14% lagi, grup ya, dengan itu MIND bisa 34% dan itu mayoritas di antara yang lain," ujarnya.

Arifin mengatakan, setelah divestasi maka izin operasi Vale akan diperpanjang. "Iya dong kan ada undang-undangnya boleh, kan divestasi udah ya toh," katanya.

(acd/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.