Note

Batu Bara dan CPO Moncer Sepekan, Minyak Tumbang

· Views 61
Batu Bara dan CPO Moncer Sepekan, Minyak Tumbang
Batu Bara dan CPO Moncer Sepekan, Minyak Tumbang. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Sejumlah komoditas mengalami fluktuasi harga bervariasi dalam perdagangan jelang akhir pekan, Jumat (10/11/2023).

Komoditas utama minyak dan emas, menghadapi tekanan harga dalam sepekan terakhir. Sementara, harga minyak sawit (crude palm oil/CPO) mengalami penguatan terbatas. Batu bara mengalami kenaikan harga sepekan.

Baca Juga:
Batu Bara dan CPO Moncer Sepekan, Minyak Tumbang Saham BREN dan CUAN Digembok, BRPT Prajogo Terbang

Berdasarkan data Trading Economics, batu bara menguat 4,24 persen dalam sepekan dan CPO menguat terbatas 0,35 persen. Sementara harga minyak tertekan di kisaran harga di bawah USD90 per barel meskipun konflik antara Israel dan Palestina masih berkecamuk dan belum ada tanda-tanda mereda. (Lihat grafik di bawah ini.)

Batu Bara dan CPO Moncer Sepekan, Minyak Tumbang

Baca Juga:
Batu Bara dan CPO Moncer Sepekan, Minyak Tumbang IHSG Berpotensi Uji Resisten 6.878, Simak Menu Saham Pilihan Berikut

Minyak

Minyak mentah berjangka WTI stabil di atas USD75 per barel sementara Brent bertahan di level USD80 per barel.

Baca Juga:
Batu Bara dan CPO Moncer Sepekan, Minyak Tumbang BEI Gembok Sementara Perdagangan Saham CUAN dan BREN

Meski keduanya menguat pada perdagangan hari ini, namun harga minyak masih tertekan untuk minggu ketiga berturut-turut karena berkurangnya kekhawatiran terhadap potensi gangguan pasokan di Timur Tengah dan ketidakpastian permintaan di AS dan China yang membebani pasar.

Dalam sepekan terakhir, harga minyak WTI telah terkoreksi 5,81 persen dan Brent tertekan 5,51 persen.

EIA mengatakan bahwa total konsumsi minyak bumi di AS diperkirakan turun sebesar 300.000 barel per hari pada tahun ini, kebalikan dari perkiraan sebelumnya yang memperkirakan kenaikan sebesar 100.000 barel per hari.

Data terbaru juga menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS melonjak hampir 12 juta barel pada minggu lalu, peningkatan terbesar sejak awal tahun 2023.

Di China, angka inflasi dan perdagangan yang lebih lemah dari perkiraan prospek permintaan yang cukup merugikan di negara importir minyak mentah utama dunia tersebut.

Di sisi lain, kekhawatiran bahwa bank-bank sentral utama akan menaikkan suku bunga lebih lanjut juga membebani prospek permintaan global, dimana para pembuat kebijakan di AS dan Eropa menekankan perlunya menurunkan inflasi.

Emas

Emas diperdagangkan bertahan di USD1.958 per troy ons pada Jumat, (10/11) dan berada pada level terendah dalam tiga minggu. Harga emas terbebani oleh komentar hawkish dari pejabat bank sentral minggu ini. Dalam sepekan, emas sudah melemah 1,72 persen berdasarkan data Trading View.

Bank sentral Amerika serikat (AS) The Federal Reserve membuka kemungkinan kenaikan suku bunga lagi jika inflasi tetap tinggi dan pertumbuhan ekonomi tetap kuat.

Dalam pidato Kamis (9/11) waktu setempat, ketua The Fed Jerome Powell mengisyaratkan kemungkinan kenaikan suku bunga tambahan untuk mengalahkan inflasi.

“Kami tahu bahwa target 2 persen inflasi masih belum tercapai. Data Inflasi telah memberi kami beberapa kepalsuan. Jika diperlukan pengetatan kebijakan lebih lanjut, kami tidak akan ragu untuk melakukannya,” kata Powell pada konferensi yang diselenggarakan oleh Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington, DC.

Jika The Fed kembali menaikkan suku bunga, kemungkinan hanya akan terjadi satu kali saja, dan mungkin akan terjadi pada pertemuan kebijakan bank sentral AS mendatang di bulan Desember.

Emas juga melemah karena risiko geopolitik terkait perang Israel-Hamas yang terus mereda.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.