Note

BELL Catat Pertumbuhan Penjualan Dua Digit Berkat Dorongan Belanja Konsumen Pasca-Pandemi

· Views 39

Pasardana.id -- PT Trisula Textile Industries Tbk (IDX: BELL), perusahaan publik yang beroperasi di sektor industri tekstil dan perdagangan mencatat pertumbuhan dua digit untuk penjualan dan laba bersih mereka selama 9M23.

Hal ini terungkap dalam laporan triwulanan perseroan yang baru-baru ini diterbitkan, dimana, BELL berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 15,0% YoY menjadi Rp 359,5 miliar di 9M23, dibandingkan Rp 312,7 miliar di 9M22.

Pada periode yang sama, Perseroan juga berhasil menurunkan beban keuangan sebesar -9,4% YoY menjadi Rp 9,4 miliar di 9M23, turun dari Rp 10,4 miliar di 9M22 dengan tetap mempertahankan rasio DER di level 0,6x dan rasio lancar di 1,7x.

Penjualan BELL sebagian besar masih didorong oleh segmen manufaktur (penjualan tekstil), namun segmen ritel memberikan kontribusi pertumbuhan tertinggi sebesar +30.4% YoY menjadi Rp 117,0 miliar, diikuti oleh pertumbuhan segmen distribusi dan manufaktur masing-masing sebesar +14.8% YoY dan +7.3% YoY.

Menurut Presiden Direktur BELL, Karsongno Wongso Djaja, kondisi perekonomian lokal pasca-pandemi yang pulih menjadi penyebab kinerja yang mengesankan ini.

Akibat pertumbuhan penjualan dalam dua digit, margin yang dihasilkan menjadi lebih stabil.

Adapun BELL berhasil mencatat laba bersih yang dapat diatribusikan kepada Perusahaan sebesar Rp 8,8 miliar, meningkat sebesar 26,2% YoY selama 9M23.

“Pasar lokal memiliki potensi yang besar karena mereka menghargai produk-produk berkualitas tinggi dan selera konsumen terus meningkat,” terang Karsongno Wongso Djaja dalam keterangan pers, Jumat (10/11).

“Untuk memenuhi permintaan mereka, kami memilih untuk beradaptasi dan menerima preferensi pasar saat ini seperti melalui omni-channel, di mana offline store akan tetap memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda, dan juga online channel untuk mendukung transaksi yang seamless,” sambungnya.

Ditambahkan, sebagai pemain veteran di industri dengan pengalaman lebih dari 50 tahun, BELL berada di jalur yang tepat untuk membangun kehadiran yang lebih kuat di pasar lokal, dimana rencananya, perseroan akan membuka 14 gerai ritel baru, yang terbagi antara dua merek JOBB dan Jack Nicklaus.

Perseroan saat ini telah membangun jejak ritel yang kuat, dengan memiliki 120 gerai JOBB dan 48 gerai Jack Nicklaus yang terletak di berbagai mal dan pusat perbelanjaan, yang merupakan kontributor besar terhadap kinerja perseroan.

BELL juga mendiversifikasi distribusi produknya melalui mitra eksternal, termasuk department store besar, seperti; Matahari, Sogo, dan Lotte.

Selain ritel offline, BELL juga menggunakan saluran online untuk menjangkau pelanggan dengan bermitra dengan platform seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada, serta situs e-commerce milik sendiri, Yukshopping.com.

Adapun pada awal November ini, BELL membentuk anak usaha baru yang bergerak dalam bidang garment, yaitu PT Trimas Bellindo Aparel Manufaktur, yang berlokasi di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Anak perusahaan tersebut diharapkan akan meningkatkan kinerja dan output produk pakaian perusahaan di masa mendatang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.