Note

Sukses Rebound Jelang Akhir Pekan, Begini Prospek Saham TUGU Menurut Analis

· Views 53
Sukses Rebound Jelang Akhir Pekan, Begini Prospek Saham TUGU Menurut Analis
Sukses Rebound Jelang Akhir Pekan, Begini Prospek Saham TUGU Menurut Analis (foto: MNC Media)

IDXChannel - Harga saham PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) dalam tiga hari pertama pekan ini terpantau selalu melemah, sebelum akhirnya sukses berbalik arah dan menguat sebesar 1,37 persen pada perdagangan sore ini, Kamis (9/11/2023).

Tren penguatan ditopang oleh volume transaksi sebesar 4,12 juta, dan dengan nilai transaksi mencapai Rp4,59 miliar.

Baca Juga:
Sukses Rebound Jelang Akhir Pekan, Begini Prospek Saham TUGU Menurut Analis Laba Bersih Sentuh All Time High, Begini Jeroan Asuransi Tugu (TUGU)

Menurut Analis MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana, kemampuan saham TUGU berbalik arah pada hari keempat pekan ini, lantaran didorong oleh sentimen makro dan juga faktor teknikal.

Sentimen positif disebut Herditya datang dari tone dovish bank sentral AS di tengah data tenaga kerja AS yang di bawah ekspektasi. Sentimen tersebut dinilai menjadi katalis positif untuk emiten yang memiliki eksposur terhadap investasi seperti asuransi.

Baca Juga:
Sukses Rebound Jelang Akhir Pekan, Begini Prospek Saham TUGU Menurut Analis Asuransi Tugu Bagi Dividen Senilai Rp78,10 per Saham

"Asuransi sebagai pengelola investasi yang terdiversifikasi dan long-term diuntungkan dengan pernyataan The Fed yang sedikit melunak dalam pertemuan FOMC terakhir," ujar Herditya, Kamis (9/11/2023).

Kondisi tersebut, menurut Herditya, mendorong yield obligasi turun dan saham menguat sehingga berpotensi memiliki dampak positif terhadap kinerja investasi asuransi.

Baca Juga:
Sukses Rebound Jelang Akhir Pekan, Begini Prospek Saham TUGU Menurut Analis Asuransi TUGU Bagi Dividen Rp78,10 per Saham, Tanggal Segini Cairnya

Di sisi lain, Herditya juga menilai pada saham TUGU, tren koreksi dimulai ketika terjadi net sell asing yang besar. Namun belakangan ini net sell di saham TUGU dalam pengamatan Herditya mulai menipis dan tekanan jual mulai menurun.

Di sisi lain secara teknikal, harga saham TUGU juga mendukung untuk terjadinya rebound.

"Secara teknikal, kami melihat pergerakan TUGU berpeluang menguat terlebih dahulu, terlebih pada sesi 1 hari ini TUGU bergerak menguat disertai dengan munculnya volume pembelian," tutur Herditya.

Selama masih mampu bergerak di atas area supportnya di 1090, Herditya memperkirakan harga saham TUGU berpeluang menguat untuk menguji MA200 di 1140 hingga menguji area resistance di 1175.

Melihat pola teknikal yang terbentuk, saham TUGU diyakini masih layak untuk diperdagangkan untuk strategi tactical trade dalam jangka pendek.

Sebelumnya, TUGU mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,14 triliun di sepanjang sembilan bulan tahun 2023. Laba bersih tersebut naik lebih dari 4 kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Mengacu pada laporan keuangan September 2023, laba bersih TUGU yang mengalami kenaikan pesat ditopang oleh pertumbuhan pendapatan premi neto, pendapatan investasi dan pendapatan usaha lainnya.

Untuk diketahui, pendapatan premi neto TUGU hingga September 2023 tercatat mencapai Rp2,3 triliun atau naik 15 persen secara year-on-year (yoy).

Selain pendapatan premi neto yang tumbuh double digit, kinerja keuangan TUGU juga ditopang oleh beban komisi neto yang hanya tumbuh lima persen (yoy), sehingga mendorong pendapatan underwriting dapat naik 17 persen (yoy).

Di luar pendapatan underwriting, pendapatan investasi TUGU juga naik signifikan di waktu yang sama yaitu mencapai 66 persen (yoy).

Total pendapatan investasi perusahaan asuransi tersebut hingga September 2023 mencapai Rp423 miliar, dari periode yang sama tahun sebelumnya hanya Rp254 miliar.

Total pendapatan yang diperoleh TUGU hingga akhir kuartal III-2023 tercatat mencapai Rp2,74 triliun atau naik 24 persen (yoy) dari tahun sebelumnya Rp2,21 triliun.

Hingga akhir September 2023, TUGU memiliki total aset Rp23,89 triliun, atau naik 14,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp20,85 Triliun.

Tugu Insurance mencatatkan Ekuitas Rp10,16 triliun, meningkat 12,1 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya tercatat Rp9,06 triliun. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.