Note

Emiten Pembuat Games Ini Catat Pendapatan Rp 23,1 M

· Views 30
Emiten Pembuat Games Ini Catat Pendapatan Rp 23,1 M
Ilustrasi laporan keuangan - Foto: Scott Graham/Unsplash
Jakarta

Bisnis digital saat ini terus berkembang, termasuk untuk mobile content dan games. PT Era Digital Media Tbk (AWAN) mencatat kinerja keuangan untuk periode yang berakhir pada 30 September 2023 di mana Perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 23,1 miliar dan laba kotor Rp 13,6 miliar.

Pendapatan dari segmen pengolahan data atau cloud meningkat sebesar 35,8 % menjadi Rp 9,1 miliar dibandingkan periode yang berakhir pada 31 Desember 2022, sedangkan untuk pendapatan di segmen digital sebesar Rp 12,1 miliar. Total aset Perseroan meningkat tajam sebesar 291% dari Rp 24,6 miliar pada 31 Desember 2022 menjadi Rp 96,2 miliar pada 30 September 2023, serta total liabilitas yang meningkat 35% menjadi Rp 5,2 miliar.

Direktur Utama AWAN, Shaanee P. Harjani menyatakan saat ini AWAN melalui anak usaha Eranyacloud memiliki beberapa produk baru seperti Database as a Service (DBaaS), S3 Object Storage, Private Cloud dan The Eranyacloud Console. "Dengan adanya produk baru tersebut, perseroan selalu berupaya memberikan produk dan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat di Indonesia," kata dia dalam siaran pers, Kamis (9/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menyebutkan perseroan melalui anak usahanya selalu mengedepankan strategi GTM (go-to-market) dengan memperkuat commercials team. Kemudian melakukan company branding melalui event offline maupun digital. Selain itu, Perseroan juga secara aktif berkolaborasi dengan partner SaaS-based technology providers lokal maupun internasional untuk terus memperkuat produk dan layanan anak usaha.

Dari sisi strategic investment, pada 2024 mendatang perusahaan akan terus memperluas operasi bisnis dan berkolaborasi dengan Software as a Service (SaaS) company. Ini bagian langkah untuk menciptakan solusi perangkat lunak inovatif dan memberikan layanan berharga kepada pelanggan. Kemitraan strategis ini akan memungkinkan perusahaan memasuki pasar yang dinamis dan berkembang pesat dengan lebih efektif.

Sekadar informasi AWAN sukses melakukan IPO pada 18 April 2023 dengan kelebihan permintaan (oversubscribed) sebesar 30x dengan pembelian melalui e-IPO mencapai Rp 2,4 triliun. Sampai akhir Oktober 2023 harga saham AWAN telah meningkat sampai dengan 180% sejak IPO.

Perseroan memiliki tiga bisnis utama yaitu mobile content dan games; OTT dan produksi konten; serta infrastruktur komputasi cloud melalui entitas anak, dimana AWAN merupakan Perusahaan penyedia mobile digital entertainment yang berkomitmen untuk menciptakan inovasi di sektor VAS (Value Added Service) melalui kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi. PT Era Digital Media Tbk telah berlisensi sejak 2016 dan ada lebih dari 2 juta pelanggan berbayar per 31 Oktober 2023. Perseroan juga sudah bekerjasama dengan semua operator telekomunikasi di Indonesia dengan akses pembayaran langsung ke 300 juta telepon seluler.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.