Note

GBP/USD: Pound menunggu berita buruk

· Views 42

Pasangan GBP/USD telah menurun untuk hari ketiga berturut-turut setelah kenaikan cepat menuju level 1,24. Hal ini disebabkan oleh menguatnya greenback, didorong oleh pernyataan hawkish dari beberapa pejabat Federal Reserve, termasuk Lori Logan dan Michelle Bowman. Sikap hawkish The Fed telah menguatkan dolar yang sedang naik, yang berada dalam kondisi lemah menyusul data Nonfarm Payrolls yang mengecewakan. Harapan yang lemah terhadap pengetatan kebijakan moneter jangka pendek kembali muncul. Yang paling penting, The Fed telah secara efektif mengesampingkan kemungkinan penurunan suku bunga dalam waktu dekat, dengan alasan tingkat inflasi yang tinggi dan risiko bahwa inflasi mungkin tidak akan turun secepat yang mereka harapkan.

Menanggapi retorika ini, dolar kembali menguat, termasuk terhadap pound. Pasangan GBP/USD telah gagal untuk bertahan di atas level 1.23 dan saat ini sedang menguji level support di 1.2240 (garis Kijun-sen pada grafik harian).

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
GBP/USD: Pound menunggu berita buruk

Setelah pertemuan Bank of England bulan November, yang berlangsung Kamis lalu, bank sentral membiarkan semua parameter kebijakan moneter tidak berubah, menerapkan skenario dasar yang paling diharapkan. Namun, pound bereaksi positif terhadap hasil pertemuan bulan November karena bank sentral, pertama, mengizinkan pengetatan moneter lebih lanjut (dalam kasus "tekanan inflasi yang lebih tangguh dari perkiraan saat ini"). Kedua, bank sentral merevisi perkiraannya mengenai pencapaian tingkat target inflasi. Meskipun bank sentral sebelumnya berasumsi bahwa CPI akan kembali ke level 2% pada kuartal kedua tahun 2025, kali ini jangka waktunya telah diundur ke akhir tahun 2025. Hasil pemungutan suara mengenai suku bunga memberikan dukungan tidak langsung kepada pound . Keputusan untuk mempertahankan suku bunga pada level saat ini didukung oleh 6 dari 9 anggota bank sentral. Tiga anggota mendukung kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (ekspektasinya adalah 7 atau 8 anggota komite akan mendukung status quo).

Meskipun semua sinyal hawkish ini tidak langsung dan bernuansa, sinyal-sinyal tersebut membantu pound tetap bertahan di tengah ekspektasi yang terlalu dovish. Menyusul perkembangan ini, Nonfarm Payrolls dirilis, yang melemahkan dolar AS. Latar belakang fundamental saat ini memungkinkan pembeli GBP/USD mendekati level 1,24 untuk pertama kalinya sejak September.

Saat ini, penjual GBP/USD secara bertahap mendapatkan kembali posisi mereka yang hilang, memanfaatkan kekuatan greenback dan kepasifan mata uang Inggris. Pound tidak dapat menentukan arahnya sendiri karena BoE secara efektif mempertahankan parameter kebijakan moneternya dan menyatakan status quo. Meskipun bank sentral membiarkan kemungkinan kenaikan suku bunga lagi, kondisi yang diperlukan harus dipenuhi agar hal ini dapat terjadi. Dalam konteks ini, data makroekonomi yang akan dipublikasikan pada hari Jumat, 10 November, mengenai angka-angka penting pertumbuhan ekonomi Inggris, akan memainkan peran penting.

Perkiraan awal bukan pertanda baik bagi pound. Misalnya, PDB Inggris pada kuartal ketiga diperkirakan mengalami kontraksi sebesar 0,6% YoY, menyusul pertumbuhan serupa pada kuartal kedua. Secara triwulanan, indikator ini juga diperkirakan akan berubah menjadi negatif, turun menjadi -0,1% QoQ (setelah kenaikan 0,2% pada triwulan sebelumnya). Jika melihat dinamika bulanan, diperkirakan akan terjadi stagnasi dengan pertumbuhan PDB sebesar 0,00% pada bulan September. Angka produksi industri merupakan potensi kekecewaan lainnya bagi para pembeli. Menurut perkiraan umum, volume produksi pada bulan September diperkirakan turun sebesar 0,1% (setiap bulan). Secara tahunan, diperkirakan akan tumbuh sebesar 1,1% (pada bulan Agustus sebesar 1,3%).

Jelas bahwa jika indikator-indikator yang disebutkan di atas setidaknya sejalan dengan perkiraan (belum lagi jika indikator-indikator tersebut masuk ke dalam "zona merah"), kecil kemungkinan kenaikan suku bunga lagi akan hilang. Dan meskipun Gubernur BoE Andrew Bailey mengingatkan kita setelah pertemuan bulan November bahwa mandat bank sentral adalah stabilitas harga, "bukan mencegah resesi," BoE harus mempertimbangkan hasil kuartal ketiga ketika mengambil keputusan mengenai suku bunga pada pertemuan berikutnya. .

Selain itu, perlambatan perekonomian Inggris akan menghidupkan kembali diskusi (atau melanjutkan diskusi yang sudah ada) mengenai prospek penurunan suku bunga pada paruh pertama tahun depan. Misalnya, ahli strategi mata uang di Commerzbank menyatakan bahwa penurunan suku bunga "tampaknya semakin besar kemungkinannya". Mereka juga menunjukkan sikap dovish dari kepala ekonom BoE, Huw Pill. Menurut para ahli, banyak hal akan bergantung pada dinamika inflasi di bulan Oktober (kita akan mempelajari angka ini minggu depan): jika CPI turun di bawah angka 5%, seperti yang diantisipasi bank sentral sebelumnya, kemungkinan penurunan suku bunga di semester pertama akan terjadi. tahun 2024 akan meningkat secara signifikan. Perlambatan ekonomi di Inggris pada kuartal ketiga hanya akan memperkuat ekspektasi pasar terhadap sikap dovish.

Oleh karena itu, pound mungkin akan segera berada di bawah tekanan yang signifikan, terlepas dari kinerja dolar. Jika laporan penting mengenai pertumbuhan ekonomi Inggris mengecewakan, isu pelonggaran kebijakan moneter lebih lanjut akan kembali menjadi agenda, meskipun ada penolakan dari BoE. Dalam hal ini, pasangan GBP/USD mungkin akan menguji level support terdekat di 1,2190 (garis tengah Bollinger Bands pada grafik harian) dengan penembusan berikutnya menuju level 1,21.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.