Note

BREN Milik Prajogo Peringkat Ketiga Besar, Salip BYAN, Intai BBRI

· Views 60
BREN Milik Prajogo Peringkat Ketiga Besar, Salip BYAN, Intai BBRI
BREN Milik Prajogo Peringkat Ketiga Besar, Salip BYAN, Intai BBRI. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Saham emiten geotermal PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) tiba-tiba terbang tinggi di lanjutan sesi II, Kamis (9/11/2023). Ini membuat saham milik taipan Prajogo Pangestu tersebut berada di peringkat tiga besar dalam hal kapitalisasi pasar (market cap).

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), saham BREN terbang 21,59 persen ke Rp5.350 per saham pada 15.30 WIB.

Baca Juga:
BREN Milik Prajogo Peringkat Ketiga Besar, Salip BYAN, Intai BBRI Akuisisi 34 Persen Saham, Emiten Prajogo Pangestu (CUAN) Siap Jadi Pengendali PTRO

Dengan ini, saham BREN melejit 29,0 persen dalam sepekan dan melonjak 176,46 persen dalam sebulan.

Sejak melantai pada 9 Oktober 2023 di harga penawaran umum perdana (IPO) Rp780 per saham, saham BREN sudah meroket 585,90 persen atau hampir 6 kali lipat.

Baca Juga:
BREN Milik Prajogo Peringkat Ketiga Besar, Salip BYAN, Intai BBRI CUAN dan BREN Kompak Naik, Prajogo Pangestu Jadi Orang Terkaya Keempat RI

Sejurus dengan itu, kapitalisasi pasar (market cap) Rp682,31 triliun, berada di posisi ketiga sekaligus menyalip emiten batu bara milik Low Tuck Kwong PT Bayan Resources Tbk (BYAN). BYAN memiliki market cap Rp624,17 triliun.

Sementara, BREN mengintai bank BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) yang berada di posisi kedua dengan market cap Rp791,90 triliun. (Lihat tabel di bawah ini.)

Baca Juga:
BREN Milik Prajogo Peringkat Ketiga Besar, Salip BYAN, Intai BBRI Grup Salim hingga Prajogo Pangestu, Konglomerat Penyelamat IHSG di 2023

BREN Milik Prajogo Peringkat Ketiga Besar, Salip BYAN, Intai BBRI

Kabar teranyar, BREN mendirikan anak usaha baru, yakni PT Barito Wind Energy (BWE). 

Dalam pendirian Barito Wind Energy, BREN memiliki 99,99% saham BWE atau 9.999 lembar saham senilai Rp15,59 miliar.

“Pendirian BWE akan memberikan dampak positif terhadap kelangsungan usaha perseroan karena adanya pengembangan kegiatan operasional yang akan dilakukan oleh BWE selaku entitas anak perusahaan perseroan,” kata Manajemen BREN dalam keterbukaan informasi, Jumat (27/10/2023).

Perkembangan terbaru perseroan lainnya yakni, proyek Salak Binary yang ditargetkan beroperasi secara komersial atau commercial operation date (COD) pada akhir 2023 ini. 

Sebagai informasi, Salak Binary merupakan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang digarap oleh anak usaha perseroan, Star Energy Group Holding Pte Ltd (STAR).

Proyek Salak Binary dengan penambahan kapasitas sebesar 15 megawatt tersebut sudah mencapai tahapan mechanical completion pada 3 Oktober 2023 lalu dengan total kemajuan mencapai 95,26%. 
Kemudian, tahap penyelesaian berikutnya untuk mencapai COD adalah koneksi ke jaringan dan komisioning yang ditargetkan sekitar akhir tahun 2023.

Penambahan kapasitas atas unit pembangkit yang sudah beroperasi saat ini dengan melakukan proyek retrofit atau menggunakan teknologi mutakhir dan menambah kapasitas peralatan penunjang. 

Saat ini, kata Merly, Star Energy telah memulai proyek retrofit di lapangan Salak yang akan menambah kapasitas sebesar 7,2 megawatt dan direncanakan akan beroperasi di akhir tahun 2025. 

Di samping itu, BREN melalui Star Energy tetap berkomitmen untuk melakukan eksplorasi panas bumi di dua area di Indonesia yaitu di Hamiding, Maluku Utara dan Sekincau Selatan, Lampung. 

Saat ini STAR sedang melakukan penugasan survei pendahuluan dan eksplorasi panas bumi (PSPE) di dua area eksplorasi tersebut.

Lebih lanjut, perseroan melalui STAR juga tetap aktif mencari prospek pengembangan usaha melalui akuisisi atas perusahaan energi baru dan terbarukan (EBT), baik di dalam negeri maupun luar negeri. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.