Note

Erick Thohir Sebut Pengganti BRI-BNI di BSI Diutamakan dari Timur Tengah

· Views 43
Erick Thohir Sebut Pengganti BRI-BNI di BSI Diutamakan dari Timur Tengah
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Jakarta

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, pihaknya masih mencari mitra untuk PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyusul wacana divestasi saham yang akan dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. Meski belum secara gamblang, Erick mengatakan, calon investor itu prioritas dari Timur Tengah.

"Kita prioritas Timur Tengah," kata Erick Thohir di sela-sela acara groundbreaking BSI Tower Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Erick mengatakan, pihaknya tidak akan terburu-buru mencari mitra. Pihaknya ingin menjalin kemitraan seperti halnya SingTel dengan Telkom.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita masih diskusi karena mencari partner jangan buru-buru, seperti kita berpartner dengan SingTel Telkom, ya sekarang makin bagus setelah masing-masing pihak antara Telkomsel dan Telkom membagi wilayah, yang satu BtoB, satu lagi BtoC," katanya.

Lanjut Erick, pihaknya ingin mencari mitra yang mampu mendorong BSI menjadi semakin besar. Kemudian, mendorong BSI membuka askes ke berbagai negara.

"Sama, kalau kita mau mencari partner BSI, kita pengin juga mitra yang bisa menjadikan BSI bank syariah secara global sekarang ini rangking 12, siapa tahu ke depan bisa masuk 10 besar. Partner yang bisa membuka akses kita membuka kantor di London, Riyadh, Mekah, Madinah Dubai ini yang kita dorong, karena pendanaan dalam konteks syariah juga salah satu menarik ke depan untuk terus dieksplorasi," terangnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani menuturkan, investor baru BSI rencananya akan masuk setelah BRI dan BNI melakukan divestasi saham. Seperti dikutip dari laman Bursa Efek Indonesia (BEI), BRI saat ini mengempit 15,38% dan BNI sebanyak 23,24% saham BSI.

"(Yang akan dilepas) BRI dan kemungkinan ada BNI sedikit," katanya di Kompleks DPR/MPR, Jakarta, Kamis (14/9).

Lanjutnya, investor baru akan masuk dengan menggenggam 20% saham BSI. "Kurang lebih 20%-an," imbuh Rosan.

(aid/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.