Note

Zulhas Bicara Strategi Dorong Bisnis Baja: Permudah Ekspor, Impor Ditata

· Views 33
Zulhas Bicara Strategi Dorong Bisnis Baja: Permudah Ekspor, Impor Ditata
Foto: dok. Jihaan Khoirunnisaa/detikcom
Tangerang

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan menghadiri acara The Indonesian Iron & Steel Industry Association (IISIA) Business Forum (IBF) 2023. Pada kesempatan tersebut ia menyinggung upaya pemerintah dalam menggenjot kemajuan industri besi dan baja di Indonesia.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menyebut baja sebagai salah satu produk andalan ekspor. Bahkan baja menempati top 3 produk utama ekspor non migas, dengan nilai US$ 19,69 miliar pada periode Januari-September 2023. Jumlah ekspor ini menunjukkan peran industri baja dalam mendukung perekonomian nasional.

"Keadaan seperti ini harus kita dukung agar industri terus berkembang," kata Zulhas di ICE BSD, Tangerang, Kamis (9/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PAN ini pun menjelaskan sederet upaya yang digencarkan oleh pemerintah. Yakni melalui fasilitas kemudahan ekspor serta kebijakan untuk mengatur dan menata kegiatan impor.

Dengan begitu bisnis besi dan baja tidak merugikan industri dalam negeri, sebaliknya malah bisa menyumbang kontribusi bagi ekonomi RI.

"Pemerintah harus melindungi dan mendukung industri dalam negeri, apalagi industri strategis seperti baja. Perintah Bapak Presiden untuk memperketat impor. Tapi saya bilang diatur dan ditata. Kalau kemarin post border sekarang (diubah jadi) border," tuturnya.

"Tidak hanya survei di luar negeri saja, tapi pabriknya juga diperiksa. Termasuk barang yang beredar kita juga periksa, apakah sesuai SNI. Sehingga industri dalam negeri tidak dibanjiri produk-produk luar," kata Zulhas.

Di sisi lain, pihaknya juga berupaya memberikan kemudahan ekspor bagi pelaku industri besi dan baja lewat perjanjian dagang dengan berbagai pihak.

"Tidak hanya dengan mitra Barat tapi juga Hong Kong, Korea Selatan, ASEAN. Agar kalau ekspor punya toll way, jalan mudah yang kita harapkan nanti bebas tarif. Karena kalau negara luar bebas tarif ,tapi kita pakai tarif, kita bisa kalah saing," tandasnya.



Simak Video "Hadiri Solo Bersholawat, Zulhas-Habib Syech Doakan Palestina"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.