Note

Tersengat Wall Street, Bursa Asia Menghijau Hari Ini

· Views 66
Tersengat Wall Street, Bursa Asia Menghijau Hari Ini
Tersengat Wall Street, Bursa Asia Menghijau Hari Ini. (Foto: Reuters)

IDXChannel – Bursa saham Asia cenderung menguat di awal perdagangan Kamis (9/11/2023) seiring pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) dan menghijaunya indeks S&P 500 di Wall Street di tengah investor masih menyimak soal sentimen suku bunga global.

Indeks Nikkei 225 Tokyo melompat 0,90 persen per pukul 09.48 WIB. Kemudian, indeks Straits Times Singapura naik 0,36 persen, KOSPI Korea Selatan (Korsel) terapresiasi 0,33 persen, SENSEX India menghijau 0,05 persen, dan ASX 200 Australia terangkat 0,52 persen.

Baca Juga:
Tersengat Wall Street, Bursa Asia Menghijau Hari Ini Gembok Perdagangan Saham Surya Permata (NATO) Dibuka Hari Ini

Sementara, Hang Seng Hong Kong dan Shanghai Composite turun 0,39 persen dan 0,05 persen.

Imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS alias US Treasury bertenor 10-tahun yang menjadi acuan turun ke 4,5059% dibandingkan dengan penutupan 4,523% pada Rabu waktu AS.

Baca Juga:
Tersengat Wall Street, Bursa Asia Menghijau Hari Ini Tolaram Lego 14,37 Juta Saham Bank Amar (AMAR), Cuan Rp4,6 Miliar

Yield obligasi bertenor dua tahun, yang meningkat seiring dengan ekspektasi para trader terhadap suku bunga bank sentral AS Federal Reserve (The Fed) yang lebih tinggi, menyentuh 4,932%, turun dibandingkan dengan penutupan di AS sebesar 4,936% di hari sebelumnya.

“Pasar relatif tenang menyusul volatilitas baru-baru ini karena para pelaku pasar menunggu rilis laporan CPI [Consumer Price Index atau Indeks Harga Konsumen] AS per Oktober minggu depan dan mencoba memastikan apakah pergerakan US Treasury, saham, dan dolar AS minggu lalu bersifat korektif atau mewakili perubahan arah yang mendasar,” tulis ekonom ANZ, dikutip Reuters, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga:
Tersengat Wall Street, Bursa Asia Menghijau Hari Ini Direktur Bank Mandiri Borong 200 Ribu Saham BMRI, Rogoh Rp1,18 Miliar

Angka inflasi China untuk Oktober yang diterbitkan pada Kamis menunjukkan penurunan 0,1% dibandingkan September dan penurunan 0,2% secara tahunan, menurut statistik resmi.

Sektor properti China yang bermasalah akan diawasi dengan ketat oleh pelaku pasar pada Kamis setelah sebagian besar saham utama menguat satu hari sebelumnya menyusul laporan Reuters bahwa Ping An Insurance Group telah diminta oleh otoritas China untuk mengambil alih saham pengendali di perusahaan properti Country Garden Holdings.

Belakangan, Juru bicara Ping An mengatakan perusahaannya belum didekati oleh pemerintah dan membantah laporan Reuters yang mengutip empat sumber yang mengetahui rencana tersebut.

Pada perdagangan Asia, dolar AS turun 0,06% terhadap yen menjadi 150,88. Angka tersebut masih tidak jauh dari level tertinggi tahun ini, yaitu 151,74 pada 31 Oktober lalu.

Di Wall Street, indeks S&P 500 naik 0,10% dan Nasdaq Composite bertambah 0,08%. Berbeda, Dow Jones Industrial Average (DJI) turun 0,12%.

Indeks S&P 500 naik untuk hari kedelapan berturut-turut, memperpanjang kenaikan beruntun terpanjang dalam dua tahun.

The Fed pada pekan lalu mempertahankan suku bunga acuan pada kisaran 5,25%-5,50. Bank sentral AS tersebut akan bertemu lagi pada pertengahan bulan depan.

Klaim pengangguran mingguan AS yang diterbitkan pada Kamis akan menjadi perhatian investor, yang biasanya dianggap sebagai indikator kinerja pasar tenaga kerja di negara tersebut. Para ekonom memperkirakan klaim akan mencapai 219.000 setelah mencapai 217.000 pada minggu lalu. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.