Note

3 Sektor Saham yang Bisa Dicermati Menjelang Pemilu, Ada Potensi Peningkatan Konsumsi

· Views 52
3 Sektor Saham yang Bisa Dicermati Menjelang Pemilu, Ada Potensi Peningkatan Konsumsi
3 Sektor Saham yang Bisa Dicermati Menjelang Pemilu, Ada Potensi Peningkatan Konsumsi. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Ada beberapa sektor saham yang bisa dicermati menjelang pemilu. Momentum-momentum besar biasanya dimanfaatkan para trader untuk mendulang cuan dalam waktu singkat. 

Pemilu termasuk salah satunya. Pemilihan umum memang identik dengan periode di mana para investor memilih untuk wait and see, menunggu hasil pemilu untuk menimbang-nimbang bagaimana pengaruh kemenangan capres terhadap sentimen pasar. 

Baca Juga:
3 Sektor Saham yang Bisa Dicermati Menjelang Pemilu, Ada Potensi Peningkatan Konsumsi Bagaimana Proyeksi Investasi di Tahun Pemilu, Investor Harus Apa?

Namun, selama pemilu pula, terdapat beberapa sektor saham yang biasanya bergerak aktif. Seperti yang diketahui, momentum pemilu juga identik dengan lonjakan konsumsi beberapa barang dan produk jasa. 

Sehingga, beberapa emiten yang bergerak pada sektor-sektor yang terpengaruh sentimen pemilu ini, biasanya mencatatkan angka penjualan yang lebih tinggi dibanding periode-periode normal. 

Baca Juga:
3 Sektor Saham yang Bisa Dicermati Menjelang Pemilu, Ada Potensi Peningkatan Konsumsi Tren Investasi Domestik Tumbuh Positif saat Pemilu, tapi Asing Malah Turun

Pada saat inilah, bermunculan ekspektasi di kalangan investor sehingga sentimen positif pun terbentuk. Nah, apa saja sektor-sektor saham yang berpotensi aktif menjelang pemilu? 

Sektor Saham yang Bisa Dicermati Menjelang Pemilu 

Consumer Goods 

Saham-saham yang bergerak di sektor primer atau sektor konsumer non-siklikal berpotensi untuk aktif diperdagangkan menjelang pemilu. Begitu masuk periode pemilu, partai politik, lembaga survey, instansi pemerintahan akan banyak menggelar acara. 

Akan banyak snack dan suguhan disajikan kepada para tamu. Emiten-emiten yang memproduksi barang-barang konsumsi sehari-hari bakal berpotensi mencatatkan peningkatan penjualan. 

Telekomunikasi 

Memasuki periode pemilu, banyak pihak akan menyelenggarakan acara debat yang disiarkan secara online. Selain itu, masyarakat juga cenderung bakal lebih aktif mengakses internet untuk mengikuti perkembangan berita pemilu. Sehingga, konsumsi paket data bakal berpotensi naik juga pada masa-masa ini. 

Saham-saham yang bergerak di bidang penyediaan layanan internet berpotensi mencatatkan lonjakan pembelian paket data dan pulsa selama momentum pemilu berlangsung. 

Media 

Beberapa perusahaan media telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Seperti yang diketahui, siaran televisi masih menjadi salah satu sumber utama informasi bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi kalangan menengah bawah. 

Selama masa-masa pemilu, masyarakat bakal kerap menonton televisi untuk mengikuti perkembangan berita pemilu. Terlebih saat beberapa hari menjelang pencoblosan diselenggarakan dan setelah hasil akhir dibacakan. 

Itulah beberapa sektor saham yang bisa dicermati menjelang pemilu. Namun perlu diingat, lonjakan transaksi pada saham-saham potensial ini terpengaruh karena momentum. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.