Note

5 IPO dengan Nilai Terbesar 2023: Ada yang Masuk 10 Besar Market Cap Jumbo

· Views 70
5 IPO dengan Nilai Terbesar 2023: Ada yang Masuk 10 Besar Market Cap Jumbo
5 IPO dengan Nilai Terbesar 2023: Ada yang Masuk 10 Besar Market Cap Jumbo. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Ada beberapa IPO dengan nilai terbesar 2023. Sepanjang tahun ini, sejumlah perusahaan telah mencatatkan sahamnya secara perdana di Bursa Efek Indonesia, dan sebagian di antaranya berhasil meraup dana segar yang fantastis dari IPO. 

Sampai dengan Oktober 2023, terdapat 73 emiten yang menggelar Initial Public Offering atau penawaran saham perdagana di Indonesia. Dari seluruh jumlah IPO itu, terkumpul dana segar sebesar Rp53,11 triliun di pasar modal Indonesia. 

Baca Juga:
5 IPO dengan Nilai Terbesar 2023: Ada yang Masuk 10 Besar Market Cap Jumbo 3 Saham IPO di BEI sepanjang November 2023, RGAS hingga IKPM

Beberapa emiten bahkan berhasil menggelar IPO yang sangat sukes, berhasil mengumpulkan dana segar hingga triliunan rupiah, membawa perusahaannya masuk dalam jajaran saham berkapitalisasi besar dalam waktu singkat. 

Apa saja IPO dengan nilai terbesar sepanjang 2023 ini? Simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga:
5 IPO dengan Nilai Terbesar 2023: Ada yang Masuk 10 Besar Market Cap Jumbo Cari Dana Segar, Cek 3 Daftar Perusahaan IPO di November 2023

IPO dengan Nilai Terbesar 2023 

PT Amman Mineral Indonesia Tbk (AMMN) 

Emiten yang terafiliasi dengan Salim Grup ini mencatatkan IPO-nya pada 7 Juli 2023. AMMN adalah perusahaan yang bergerak di pertambangan emas, terbesar kedua di Indonesia setelah Freeport. 

Lewat IPO-nya, AMMN melepaskan 6,33 miliar lembar saham baru ke masyarakat dan meraup dana segar sebanyak Rp10,72 triliun. AMMN menawarkan saham di harga penawaran Rp1.695/lembar. 

Sejak IPO hingga hari ini, saham AMMN sudah meroket 288,25% dari harga awalnya. Menjadikan AMMN sebagai salah satu IPO tersukses di Indonesia, bahkan hingga skala Asia Tenggara. Kapitalisasi pasar AMMN saat ini mencapai Rp490 triliun. 

PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) 

Perusahaan ini bergerak di sektor pertambangan bijih nikel, dan dimiliki oleh konglomerasi Harita Group. NCKL mencatatkan sahamnya secara perdana di BEI pada 12 April 2023, harga penawaran perdananya adalah Rp1.250/saham. 

NCKL melepas 7,99 milair lembar saham perusahaan dan berhasil meraup dana IPO sebesar Rp9,99 triliun. Kapitalisasi pasar NCKL saat ini mencapai Rp60,25 triliun. Sebagai tambahan informasi, NCKL adalah emiten ke-31 yang menggelar IPO tahun ini. 

PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) 

MBMA mencatatkan sahamnya secara perdana di pasar modal Indonesia pada 18 April 2023, dan menjadi emiten ke-32 yang menggelar IPO tahun ini. Emiten yang bergerak di pertambang nikel ini melepas 11,55 miliar lembar sahamnya ke publik. 

Adapun dana IPO yang dihimpun mencapai Rp9,18 triliun, sementara harga saham pada penawaran perdana dipatok sebesar Rp795/saham. Saat ini, kapitalisasi pasar MBMA mencapai Rp70,27 triliun. 

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) 

PGEO mencatatkan sahamnya secara perdana pada 24 Februari 2023. Harga saham yang ditawarkan pada periode penawaran perdana dipatok sebesar Rp875/saham. Emiten yang bergerak di sektor energi terbarukan ini berhasil mengumpulkan dana IPO Rp9,05 triliun. 

Adapun jumlah lembar saham yang dilepas ke masyarakat mencapai 10,35 miliar. Sebagai tambahan informasi, PGEO adalah salah satu emiten yang telah mencatatkan keuntungan dari karbon trading. 

PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) 

IPO BREN adalah salah satu yang paling dinanti investor dan trader. Perusahaan miliki grup Barito Pacific ini bergerak di sektor energi terbarukan, dan sudah mencatatkan keuntungan dari pemberlakuan karbon trading. 

BREN mencatatkan sahamnya secara perdana pada 9 Oktober 2023 dengan melepas 4,01 miliar lembar saham baru dengan harga penawaran Rp780/saham. Emiten milik Prajogo Pangestu ini berhasil menggalan dana IPO hingga Rp3,13 triliun. 

BREN adalah salah satu IPO tersukses di Indonesia setelah AMMN. Setelah IPO, saham BREN menyentuh Autoreject Atas selama berhari-hari. Pada akhir Oktober 2023, kapitalisasi pasar BREN mencapai Rp613 triliun.

Dari kelima saham baru ini, AMMN dan BREN adalah emiten yang berhasil mencatatkan kapitalisasi pasar jumbo, dan masuk dalam deretan 10 besar saham dengan market cap besar. 

Itulah sederet IPO dengan nilai terbesar sepanjang 2023. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.