Note

Reputasi Sang Raja Investasi Startup Masayoshi Son Tercoreng usai WeWork Bankrut

· Views 63
Reputasi Sang Raja Investasi Startup Masayoshi Son Tercoreng usai WeWork Bankrut
Reputasi Sang Raja Investasi Startup Masayoshi Son Tercoreng usai WeWork Bankrut. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - WeWork, perusahaan rintisan (start-up) coworking berbasis Amerika Serikat (AS), secara resmi telah mengajukan kebangkrutan pada Selasa (7/11/2023).

Kebangkrutan WeWork menandai kejatuhan yang mengejutkan bagi perusahaan rintisan yang dulunya paling berharga di dunia.

Baca Juga:
Reputasi Sang Raja Investasi Startup Masayoshi Son Tercoreng usai WeWork Bankrut WeWork milik Softbank yang Pernah Jadi Startup Top di AS, Kini Nyatakan Bangkrut

Sebelumnya, Reuters melaporkan WeWork sedang mempertimbangkan untuk mengajukan kebangkrutan berdasarkan peraturan Bab 11 di New Jersey.

Pada Selasa (31/10), WeWork sebelumnya sempat menandatangani perjanjian dengan kreditor untuk penundaan sementara pembayaran sebagian utangnya, dengan masa tenggang hampir berakhir.

Baca Juga:
Reputasi Sang Raja Investasi Startup Masayoshi Son Tercoreng usai WeWork Bankrut Kabar Bangkrut, Saham WeWork Anjlok Nyaris 50 Persen dalam Sehari

Perusahaan ini memiliki utang bersih jangka panjang sebesar USD2,9 miliar pada akhir Juni dan sewa jangka panjang lebih dari USD13 miliar.

WeWork menjalankan aset-aset yang tidak produktif di tengah meningkatnya kenaikan biaya pinjaman perbankan akibat kenaikan suku bunga bank sental AS Federal Reserve (The Fed) yang pada gilirannya merugikan sektor real estat komersial di AS.

Baca Juga:
Reputasi Sang Raja Investasi Startup Masayoshi Son Tercoreng usai WeWork Bankrut Laris Manis, IPO Arm SoftBank Oversubscribed hingga Enam Kali

Pandemi Covid-19 adalah titik balik peristiwa global yang mengguncang WeWork di mana orang-orang mulai bekerja dari rumah dibandingkan harus pergi ke ruang kantor.

Perusahaan ini juga didanai oleh bank investasi kenamaan yang gemar berinvestasi di startup, SoftBank, bernilai sekitar USD47 miliar pada puncaknya.

SoftBank Gigit Jari

Pengajuan kebangkrutan WeWork mengakhiri reputasi miliarder Jepang Masayoshi Son, yang nilainya jauh melebihi uang yang hilang imbas gaya investasi yang terlalu berani.

Saham SoftBank hari ini melorot 2,94 persen di bursa Tokyo per pukul 14.30 WIB dan secara year to date (YTD) naik 10,6 persen. Sementara secara YTD, saham WeWork anjlok hingga 98,51 persen di bursa New York. (Lihat grafik di bawah ini.)

Reputasi Sang Raja Investasi Startup Masayoshi Son Tercoreng usai WeWork Bankrut

Sayangnya, investasi SoftBank di WeWork kini hanya bernilai USD45 juta pada Senin (6/11) sebelum pengajuan kebangkrutannya.

Mengutip BloombergNews, kemerosotan WeWork selanjutnya menyebabkan SoftBank mengalami kerugian ekuitas lebih dari perkiraan sebesar USD11,5 miliar dan utang sebesar USD2,2 miliar lainnya yang masih dipertaruhkan.

Son terlalu optimis pada WeWork sehingga bersedia berinvestasi miliaran dolar kepada pendiri WeWork Adam Neumann dari SoftBank dan Vision Fund, sehingga meningkatkan valuasi perusahaan co-working tersebut menjadi USD47 miliar pada awal tahun 2019. (Lihat grafik di bawah ini.)

Reputasi Sang Raja Investasi Startup Masayoshi Son Tercoreng usai WeWork Bankrut

Dua tahun kemudian, WeWork mencapai valuasi puncak sebesar USD47 miliar dengan investasi berkelanjutan SoftBank, sehingga meningkatkan ekspektasi akan IPO di tahun tersebut.

Kejatuhan WeWork saat ini menghancurkan reputasi Son sebagai investor cerdik yang sempat menjadi legenda modal ventura, mengalahkan kompetitornya asal China, Alibaba Group Holding Ltd.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.