Note

Anak BUMN Pupuk Gandeng INKA Geber Industri Manufaktur, Ini Caranya

· Views 51
Anak BUMN Pupuk Gandeng INKA Geber Industri Manufaktur, Ini Caranya
Foto: dok Pupuk Kaltim
Jakarta

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menjalin kerja sama dengan PT INKA (Persero) untuk menyediakan komponen kereta api berkualitas. Hal ini karena Pupuk Kaltim, melalui strategic business unit (SBU) Jasa Pelayanan Pabrik (JPP), telah teruji menghadirkan beragam produk unggulan maupun jasa layanan di sektor manufaktur.

VP Bisnis dan Administrasi Pupuk Kaltim Septian Seno Rinaldhie, mengungkapkan kerjasama SBU JPP Pupuk Kaltim dengan PT INKA merupakan wujud sinergi antar BUMN untuk mendorong kemandirian industri kereta api nasional. Hal ini juga merupakan upaya Pupuk Kaltim untuk mengokohkan posisinya sebagai pemain utama di industri manufaktur dan logam nasional.

SBU JPP Pupuk Kaltim memiliki kualifikasi mumpuni dalam menghasilkan berbagai produk dan layanan di sektor manufaktur di luar lini bisnis utama sebagai produsen pupuk nasional. Di antaranya, mulai dari produk fabrikasi, bisnis maintenance dan perawatan pabrik, pengecoran logam, layanan jasa inspeksi teknik, jasa kalibrasi listrik, hingga layanan laboratorium bersertifikasi dan lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Industri maintenance dan manufaktur merupakan salah satu sektor yang dibidik Pupuk Kaltim melalui SBU JPP, guna menunjang lini bisnis utama dengan menyediakan produk dan layanan untuk berbagai kebutuhan dunia industri tanah air," ujar Septian dalam keterangan tertulis, Selasa (7/11/2023).

Selain itu, Septian mengatakan bahwa kerja sama dengan PT INKA juga menjadi upaya Pupuk Kaltim untuk memperkuat partisipasi industri domestik nasional dengan menyediakan beragam komponen yang dibutuhkan untuk produksi kereta api dalam negeri. Hal tersebut diharapkan bisa mewujudkan kemandirian industri perkeretaapian Indonesia semakin terwujud seiring meningkatnya Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di PT INKA.

"Melalui kerjasama ini, SBU JPP Pupuk Kaltim siap berkontribusi aktif dalam mendorong kemandirian industri kereta api Indonesia, dengan penyediaan komponen berkualitas unggul yang diproduksi oleh tim berpengalaman di bidangnya," ucap Septian.

Direktur Pengelolaan Kualitas PT INKA Bambang Jatmika, pun menyambut positif sinergi antara pihaknya dengan Pupuk Kaltim untuk penyediaan komponen kereta api yang diproduksi pihaknya. Ia menilai SBU JPP Pupuk Kaltim memiliki kualifikasi yang dibutuhkan sesuai standar industri manufaktur. Hal ini melihat sejumlah kerja sama yang selama ini telah terjalin.

Berangkat dari hal tersebut, Bambang menyebut komposisi TKDN pada produk PT INKA akan meningkat dengan peran serta perusahaan dalam negeri untuk penyediaan komponen berkualitas bagi industri perkeretaapian di tanah air.

"Selain meningkatkan partisipasi industri domestik nasional, kerjasama ini pun diharap makin memperkuat sinergi dan kolaborasi antar BUMN untuk kemajuan perkeretaapian dalam negeri," ungkap Bambang.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Jadi Mentan Lagi, Amran Mau Langsung Bereskan Masalah Pupuk

[Gambas:Video 20detik]



Halaman 1 2
Selanjutnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.