Note

Yen Jepang Melemah Melawan Dolar AS di Tengah Nada Hawkish The Fed

· Views 92
Bagikan:
  • Yen Jepang jatuh melawan Dolar AS yang lebih kuat pada hari Selasa.
  • USD mengungguli JPY setelah komentar hawkish dari Presiden Fed Kashkari.
  • Keragu-raguan terhadap arah suku bunga di AS dan Jepang tercermin dalam USD/JPY yang bergerak bolak-balik di dalam kisaran.

Yen Jepang (JPY) diperdagangkan dalam kisaran melawan Dolar AS (USD) pada hari Selasa setelah Presiden Federal Reserve Minneapolis Neel Kashkari dilaporkan mengatakan dia yakin The Fed punya lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menurunkan inflasi. Komentarnya membantu mengangkat Dolar AS.

Intisari Penggerak Pasar Harian: Yen Melemah di Tengah Ketidakpastian The Fed

  • Yen terus melemah terhadap Dolar AS setelah sebuah artikel di Wall Street Journal pada hari Senin mengutip pernyataan Kashkari dari The Fed yang mengatakan bahwa lebih banyak upaya perlu dilakukan untuk menurunkan inflasi.
  • Pandangannya bertentangan dengan yang lain. Opini pasar yang tersebar luas adalah bahwa The Fed sudah selesai menaikkan suku bunga.
  • Sebaliknya, komentar Gubernur Federal Reserve Lisa Cook pada hari yang sama mengindikasikan bahwa The Fed tidak akan terburu-buru menaikkan suku bunga.
  • Cook berargumen bahwa kenaikan imbal hasil obligasi Pemerintah AS jangka panjang bukan merupakan hasil dari penilaian investor karena keyakinan bahwa The Fed akan terus menaikkan suku bunga, menurut Reuters.
  • Dengan menyatakan bahwa kenaikan imbal hasil tidak didorong oleh ekspektasi investor, Cook menyiratkan bahwa tidak ada tekanan pada The Fed untuk menindaklanjutinya – oleh karena itu, komentarnya dianggap dovish.
  • BoJ juga memberikan sinyal yang beragam pada pertemuan kebijakan terakhirnya: sementara dewan gubernur mengambil langkah menuju normalisasi kebijakan dengan melonggarkan batas buatan 1,0% yang dikenakan pada imbal hasil Obligasi Pemerintah Jepang/Japanese Government Bond (JGB) 10-tahun – yang pada dasarnya merupakan suatu bentuk pelonggaran kuantitatif – Gubernur Bank of Japan Kazuo Ueda meremehkan ekspektasi kenaikan suku bunga.
  • Faktanya, Gubernur Ueda menyatakan bahwa sebagian besar inflasi di Jepang disebabkan oleh harga komoditas yang lebih tinggi daripada peningkatan permintaan, mengindikasikan BoJ perlu terus menjaga kebijakan moneter yang akomodatif untuk mendukung perekonomian.
  • Lebih lanjut, menurut Reuters, meski mengatakan pihaknya telah melunakkan batas imbal hasil, BoJ sebenarnya melakukan intervensi untuk mempertahankannya pada 31 Oktober, mengindikasikan tindakan bank tidak sesuai dengan pernyataannya dan pelonggaran de facto masih dilakukan.
  • “Ueda memberi isyarat bahwa prospek pembalikan suku bunga negatif tahun ini sangat rendah,” kata James Harte, analis di Tickmill Group, dalam sebuah catatan yang dilaporkan oleh Barron’s.
  • Data Jepang yang dirilis pada Senin malam terus memberikan gambaran ekonomi ketat dan tidak menguntungkan Yen.
  • Pendapatan Tunai Tenaga Kerja untuk bulan September naik 1,2% YoY, lebih tinggi dari prakiraan 1,0%, dan 1,1% sebelumnya.
  • Namun, Belanja Rumah Tangga di bulan yang sama menunjukkan kontraksi 2,8% yang lebih dalam dari prakiraan dibandingkan estimasi perubahan -2,7% YoY dan -2,5% sebelumnya.
  • Peristiwa penting berikutnya bagi pasangan mata uang ini adalah pidato Jerome Powell pada pukul 13:15 tanggal 8 November.

Analisis Teknis Yen Jepang: USD/JPY Naik Kembali Hingga Menyentuh Garis Saluran

USD/JPY – Jumlah Yen yang bisa dibeli dengan satu Dolar – terus menguat pada hari Selasa. Pemulihan ini berarti tren jangka pendek mulai terlihat terbatas pada kisaran, dengan harga terjepit di antara 151,70 tertinggi 30 Oktober dan terendah utama 148,80. Oleh karena itu, harga mungkin akan terus bergerak bolak-balik hingga penembusan di salah satu sisi menegaskan arah.

Yen Jepang Melemah Melawan Dolar AS di Tengah Nada Hawkish The Fed
Dolar AS vs Yen Jepang: Grafik 4-jam

Selama aksi hari Selasa, pasangan mata uang ini telah kembali ke garis bawah saluran menanjak yang telah terbentuk sejak musim panas. Saat ini ia bertemu resistance di garis saluran tempat ia pernah bertemu support. Namun belum ada tanda-tanda pembalikan kembali.

Yen Jepang Melemah Melawan Dolar AS di Tengah Nada Hawkish The Fed
Dolar AS vs Yen Jepang: Grafik Harian

Pada grafik harian yang digunakan untuk menilai prospek jangka menengah, pasangan mata uang ini masih dalam tren naik. Pada grafik ini juga, terendah 148,80 memegang kunci. Pada akhirnya, seperti kata pepatah, “tren adalah teman Anda” dan selama 148,80 tetap utuh maka tren dalam jangka menengah akan tetap bullish.

Jika level 151,93 dari Oktober 2022 – yang menandai tertinggi 32 tahun – ditembus, tren naik akan terkonfirmasi kembali, dengan target berikutnya diprakirakan akan tercapai di angka-angka bulat – 153,00, 154,00, 155,00, dll.

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.