Note

Akuisisi Petrosea, Ini Jawaban Petrindo Jaya (CUAN)

· Views 59
Akuisisi Petrosea, Ini Jawaban Petrindo Jaya (CUAN)
Akuisisi Petrosea, Ini Jawaban Petrindo Jaya (CUAN) (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) buka suara terkait kabar akuisisi PT Petrosea Tbk (PTRO). 

Anak usaha Petrindo Jaya Kreasi, yakni PT Kreasi Jasa Persada (KJP) telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat (PPSB) pada 7 September 2023 lalu.

Baca Juga:
Akuisisi Petrosea, Ini Jawaban Petrindo Jaya (CUAN) Akuisisi 34 Persen Saham, Emiten Prajogo Pangestu (CUAN) Siap Jadi Pengendali PTRO

Dalam transaksi ini, KJP bertindak pembeli dan PT Caraka Reksa Optima (CRO) bertindak sebagai penjual.

“Saat ini belum ada statement yang bisa diberikan. Namun menunggu update berikut dari Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia,” kata PMO Manager CUAN, Mario Saputra saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa (7/11/2023).

Baca Juga:
Akuisisi Petrosea, Ini Jawaban Petrindo Jaya (CUAN) Kenaikan Harga Tak Wajar, BEI Gembok Saham Petrindo Jaya Kreasi (CUAN)

Jumlah saham dalam CRO di PTRO yang rencananya akan dibeli dan diambil alih oleh KJP berdasarkan PPSB adalah sebanyak 342.925.700 lembar saham atau mewakili 34% dari keseluruhan modal disetor dan ditempatkan PTRO.

Dalam pengumuman tersebut, negosiasi dilakukan secara langsung antara KJP dan CRO, dan rencana transaksi akan berlaku efektif setelah dipenuhinya seluruh persyaratan pendahuluan, sebagaimana yang disetujui dan ditetapkan di dalam PPSB. Apabila rencana transaksi berlaku efektif, maka akan mengakibatkan KJP menjadi pengendali PTRO.

Baca Juga:
Akuisisi Petrosea, Ini Jawaban Petrindo Jaya (CUAN) Tebar Cuan, Cek 8 Emiten yang Cum Date di November 2023

Sebagaimana dipersyaratkan dalam Pasal 7 ayat (1) huruf b POJK 9/2018, KJP sebagai calon pengendali baru pada PTRO berkewajiban untuk melaksanakan penawaran tender wajib setelah rencana transaksi selesai dilaksanakan, dengan memperhatikan ketentuan yang diatur dalam POJK tersebut.

Tujuan dari pengendalian adalah antara lain untuk menambah aset KJP dan CUAN, memperluas jaringan usaha, serta sebagai bagian dari pengembangan usaha jangka panjang grup CUAN untuk menjadi perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan yang terintegrasi. 

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.