Note

USD/JPY Berkonsolidasi dalam Kisaran di Sekitar 150,00, Kekuatan USD yang Moderat Memberikan Dukungan

· Views 50
Bagikan:
  • USD/JPY tidak memiliki arah intraday yang pasti dan berosilasi dalam band sempit pada hari Selasa.
  • USD menjauh dari level terendah delapan minggu dan bertindak sebagai pendorong bagi mata uang utama.
  • Perbedaan kebijakan The Fed-BoJ tetap mendukung menjelang pidato para pejabat The Fed.

Pasangan USD/JPY berjuang untuk memanfaatkan pergerakan positif hari sebelumnya dan terombang-ambing antara kenaikan tipis/pelemahan kecil selama sesi Asia pada hari Selasa. Harga spot saat ini diperdagangkan tepat di atas level psikologis 150,00 dan mendapat dukungan dari beberapa aksi beli Dolar AS (USD).

Kenaikan USD dapat dikaitkan dengan beberapa reposisi perdagangan menjelang pidato anggota FOMC yang berpengaruh, termasuk Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell, yang dapat memberikan isyarat baru tentang jalur kenaikan suku bunga di masa depan. Para investor tampaknya yakin bahwa bank sentral AS mendekati akhir kampanye pengetatan kebijakannya dan mungkin mulai menurunkan suku bunga pada Juni 2024. Pertaruhan tersebut terangkat oleh laporan lapangan pekerjaan AS yang lebih lemah dari prakiraan yang dirilis pada hari Jumat, meskipun komentar-komentar semalam oleh pejabat The Fed menawarkan sinyal yang beragam trekait langkah kebijakan berikutnya.

Faktanya, Gubernur The Fed Lisa Cook mencatat bahwa target suku bunga bank sentral saat ini sudah cukup untuk mengembalikan inflasi ke target 2% The Fed. Cook menambahkan bahwa kami akan terus waspada untuk memastikan bahwa target inflasi tercapai. Sementara itu, Presiden The Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan bahwa ekonomi AS telah terbukti sangat tangguh dan pengetatan yang terlalu rendah tidak akan membawa kita kembali ke 2% dalam waktu yang masuk akal. Hal ini menyebabkan pemulihan yang baik pada imbal hasil obligasi Treasury AS, yang, pada gilirannya, terlihat sebagai pendorong bagi Greenback dan pasangan USD/JPY.

Yen Jepang (JPY), di sisi lain, dirusak oleh sikap yang lebih dovish yang diadopsi oleh Bank of Japan (BoJ). Faktanya, Gubernur BoJ Kazuo Ueda mengatakan pada hari Senin bahwa kemungkinan mencapai target inflasi 2% meningkat, tetapi kemajuannya tidak cukup untuk mengakhiri kebijakan moneter yang sangat longgar. Hal ini terjadi setelah perubahan kecil BoJ pada kebijakan kontrol kurva imbal hasil (YCC) minggu lalu, yang menunjukkan langkah lambat untuk keluar dari pengaturan kebijakan moneter akomodatif yang telah berlangsung selama satu dekade dan terus membebani JPY.

Namun, sisi positif dari pasangan USD/JPY tampaknya terbatas setelah spekulasi bahwa pemerintah Jepang akan melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk memerangi depresiasi mata uang domestik yang berkelanjutan. Hal ini, pada gilirannya, memerlukan kehati-hatian bagi para pedagang bullish yang agresif dan memposisikan diri untuk setiap pergerakan kenaikan yang berarti dalam perdagangan harian. Dengan tidak adanya rilis ekonomi yang menggerakkan pasar yang relevan dari AS, komentar dari para pejabat The Fed akan memainkan peran penting dalam mempengaruhi dinamika harga USD dan memberikan dorongan yang berarti bagi mata uang utama. 

 
Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.